Fadli Zon Bantah Danai Teroris, Kaji Upaya Hukum

Fadli Zon Bantah Danai Teroris, Kaji Upaya Hukum

radartasik.com, JAKARTA — Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Fadli Zon membantah dugaan keterlibatan dirinya dengan kelompok teroris.

Fadli Zon secara tegas memastikan dirinya tidak pernah menyumbang atau mendanai kelompok teroris mana pun.

Dia menjelaskan isu tersebut adalah fitnah dan foto yang beredar merupakan foto di tahun 2015.

”Sebagai Wakil Ketua DPR saat itu saya setiap hari menerima delegasi dari berbagai macam golongan masyarakat, ketika itu seingat saya dari Forum Indonesia Peduli Syams (FIPS),” kata Fadli Zon dikutip dari Antara, Kamis (17/3/2022).

Dia mengatakan saat itu FIPS yang dipimpin Ustaz Bachtiar Nasir menggalang dana untuk pengungsi Suriah di perbatasan Turki.

”Pada saat itu juga disampaikan terkait kondisi pengungsi Suriah yang ada di Turki. Mereka kekurangan rumah sakit, makanan, dan pakaian,” ujarnya.

Karena dana itu digalang dari masyarakat, mereka meminta waktu kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah yang ketika itu Wakil Ketua DPR juga untuk diterima. Uang pun diterima.

”Jadi tidak ada sepeser pun, satu dolar pun, satu rupiah pun tidak ada (disumbangkan). Jadi uang yang saya serahkan secara simbolik itu merupakan uang masyarakat yang dikumpulkan oleh FIPS,” jelasnya.

Dia mengungkapkan alasan dari FIPS meminta dia untuk menyerahkan uang tersebut karena pihak FIPS menilai dirinya sebagai wakil rakyat yang pantas untuk menyerahkan uang tersebut.

”Saya sebagai Wakil Rakyat Indonesia dinilai pantas untuk menyerahkannya karena uang itu berasal dari sumbangan rakyat Indonesia,” papar dia.

Isu yang mengaitkan Fadli Zon dengan kelompok teroris itu mencuat, setelah tersebar fotonya dengan salah satu terduga teroris yang diamankan Densus 88 beberapa waktu lalu.

Upaya Hukum 

Fadli Zon juga akan menempuh upaya hukum setelah dirinya dikait-kaitkan dengan terduga teroris Angga Dimas Pershada. 

Fadli Zon mengaku sangat dirugikan dengan cuitan Eko Kuntadhi di media sosial Twitter.

”Saya telah mengkaji dengan tim hukum untuk mengambil langkah hukum yang diperlukan,” kata Fadli Zon melalui chanel YouTube Fadli Zon Official seperti dilihat FIN pada Kamis (17/3/2022).

Fadli Zon menegaskan dirinya mengikuti sejumlah pemberitaan yang muncul setelah Eko Kuntadhi memposting foto dan narasi di akun Twitter @_ekokuntadhi.

”Saya mengikuti beberapa berita, yang dimulai dari cuitan seorang buzzer, yang isinya mengaitkan seolah-olah saya punya kaitan dengan seorang terduga teroris yang baru saja ditangkap Densus 88, hanya karena sebuah foto lama tahun 2015. Atas fitnah tersebut, saya ingin memberikan klarifikasi,” ujar Fadli Zon

Kata dia, klarifikasi itu dibuat untuk menepis fitnah sejumlah orang yang secara insinuatif berusaha memutarbalikan dukungannya terhadap aksi kemanusiaan yang seolah adalah bentuk dukungan terhadap terorisme. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: