Nundang Busaeri Terpilih Jadi Rektor Unsil, Pelantikan Digelar Awal Mei 2022

Nundang Busaeri Terpilih Jadi Rektor Unsil, Pelantikan Digelar Awal Mei 2022

radartasik.com, RADAR TASIK - Sidang senat tertutup untuk pemilihan Rektor Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya bersama Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berjalan dengan lancar di Gedung Rektorat lantai dua, Senin (14/3/2022).


Hasilnya, dari 13 suara atau 35 persen dari Kemendikbud Ristek dan 25 suara atau 65 persen dari internal senat Unsil untuk tiga calon Rektor Unsil Tasikmalaya yang terpilih adalah Dr Nundang Busaeri Ir MT.

Dengan rincian perolehan calon Rektor Unsil Tasikmalaya; nomor satu Dr Nundang Busaeri Ir MT mendapatkan 34 suara yakni 13 Kemendikbud Ristek dan 21 senat, nomor dua Dr Gumilar Mulya Drs MPd mendapatkan suara 1 senat, dan nomor ketiga Prof Dr Iis Marwan Drs SH MPd mendapatkan suara 3 suara senat.

Ketua Senat Unsil Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi menyampaikan, hasil dari pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya bersama Kemendikbud Ristek yang dikuasakan oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Dra Dyah Ismayanti MEd dan 25 senat menyatakan Dr Nundang Busaeri Ir MT unggul dengan mendapatkan 34 suara.

Setelah itu berita acara berikut pendukung lainnya disampaikan kepada Mendikbud Ristek Nadiem Makarim untuk ditetapkan hingga dilantik menjadi Rektor Unsil Tasikmalaya.

Rektor Unsil terpilih Dr Nundang Busaeri Ir MT nantinya menunggu ditetapkan dan dilantik oleh Mendikbud Ristek,” katanya kepada wartawan, Senin (14/3/2022).

Dalam prosesnya, pelantikan akan dilaksanakan setelah masa jabatan Rektor Unsil Tasikmalaya sebelumnya selesai pada 2 Mei. Tetapi itu, bertepatan pada Hari Raya Idul Fitri, kemungkinan diundur hingga satu Minggu masih pada awal Mei.

”Tentunya tidak ada kekosongan jabatan,” ujarnya.

Rektor Unsil Tasikmalaya Terpilih Dr Nundang Busaeri Ir MT mengucap syukur atas keberhasilan mendapatkan amanah dan kepercayaan dari civitas akademika dan Kemendikbud Ristek untuk memimpin Unsil pada periode 2022-2026.

”Alhamdulillah dengan izin Allah SWT, hasil dari pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya pada periode 2022-2026, saya terpilih. Mudah-mudahan bisa menjalankan amanah sebaik-sebaiknya sehingga menjadi berkah untuk Unsil,” katanya.

Sebab, ia keinginannya melanjutkan kebaikan kepemimpinan Rektor Unsil Tasikmalaya sebelumnya. Lalu kebaikan itu ditingkatkan lagi, sebab hari ini harus lebih baik dari kemarin.

”Tugas yang diemban saya akan dilaksanakan. Tentunya kerjanya tim atau bersama dalam mewujudkan harapan dan cita-cita Unsil dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Untuk fokus dalam mengelola Unsil selama empat tahun ini, ia menargetkan program unggulan sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) berjalan. Yakni; lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif, serta program studi berstandar internasional.

”Perguruan tinggi saat ini sudah berbasis IKU. Berarti seluruh target itu harus dipenuhi, seperti Sumber Daya Manusia (SDM),” katanya.

Sambungnya, SDM ini agar mengacu pada IKU, kualifikasinya harus sudah S3. Karena saat ini dosen Unsil yang S3 masih 18 persen dari total 254 orang, sehingga harus dipacu.

”Oleh karenanya, saya akan menargetkan 30 persen supaya memiliki SDM unggul. Dengan begitu kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lebih baik dan berkualitas,” ujarnya.

Selain itu, karena fokus peningkatan SDM, untuk penambahan jumlah guru besar di Unsil. Salah satunya dirinya setelah menjadi Rektor Unsil Tasikmalaya, ia akan mengejar profesor. Untuk mengejarnya kalau sesuai aturan yakni tiga tahun setelah lulus S3.

”Kalau sesuai regulasi saya ada waktu. Terlebih ada pengecualian kalau saya menerbitkan dipublikasi internasional menurut Scopus, asal catatan beda yang ditulis desertasi bisa dua tahun,” katanya.

Untuk calon Rektor Unsil Tasikmalaya lainnya yakni Dr Gumilar Mulya Drs MPd dan Prof Dr Iis Marwan Drs SH MPd menerima hasil dari pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya periode 2022-2026. Karena mekanisme bagus, seperti musyawarah mufakat atau voting sesuai aspirasi senat.

Oleh karenanya, siapa pun yang terpilih menjadi Rektor Unsil Tasikmalaya, mereka pun siap bersinergi untuk kebaikan Unsil.

”Kita mengharapkan siapa saja yang menjadi rektor adalah yang terbaik untuk menuju Unsil lebih baik ke depannya,” ujarnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: