Pemilik Asing Terkaya di Liga Inggris Terungkap Setelah Roman Abramovich Ditendang

Pemilik Asing Terkaya di Liga Inggris Terungkap Setelah Roman Abramovich Ditendang

Radartasik.com, Pemilik Chelsea Roman Abramovich telah dilarang menghasilkan uang dari klub setelah terkena sanksi.

Miliarder itu terkena hukuman karena hubungannya dengan presiden Rusia  Vladimir Putin yang memulai invasi ke Ukraina dua minggu lalu.

Hanya beberapa hari sebelumnya, Abramovich secara resmi menjual Chelsea .

Taipan Rusia itu telah memasang harga yang diminta sebesar A£3 miliar untuk The Blues saat dia ingin menambah kekayaannya yang sudah sangat besar.

Tapi bagaimana kekayaan Abramovich dibandingkan dengan sisa pemilik asing Liga Premier?

Abramovich dikatakan mempunyai kekayaan A£ 9 miliar, ia pernah pemilik Liga Inggris terkaya setelah mengambil alih klub London Barat pada tahun 2003.

Namun kedatangan Sheikh Mansour tahun 2008 di Manchester City membuat pemilik Chelsea turun ke urutan kedua.

Sheikh Mansour mempunyai kekayaan A£15 miliar. Namun, angka itu tidak ada artinya jika dibandingkan dengan pemilik baru Newcastle, Dana Investasi Publik Arab Saudi.

Pada Oktober 2021, Mike Ashley akhirnya menjual Toon seharga A£300 juta dan diambil alih oleh Dana Investasi Publik Arab Saudi.

Pemilik Amerika Arsenal, Kroenke Sports & Entertainment, mempunyai kekayaan A£8 miliar dan pemilik Aston Villa (Nassef Sawiris dan Wes Edens) dan pemilik Wolves (Fosun International) masing-masing mempunyai kekayaan A£7 miliar.

Pemilik Leicester di Thailand mempunyai kekayaan A£6 miliar, dengan Leeds (Andrea Radrizzani) dan pimpinan Liverpool (Fenway Sports Group) setengah dari jumlah itu masing-masing A£3 miliar.

Pemilik Everton, Farhad Moshiri, mempunyai kekayaan A£3 miliar, dengan Gino Pozzo dari Watford hanya A£90 juta.

Dikutip dari The Sun, Southampton dan Burnley keduanya juga dimiliki oleh pemilik asing (Dragan Solak dan ALK Capital), dengan kekayaan mereka saat ini tidak diketahui. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: