Pemkot Tampung 4.331 Usulan Publik Rencana Pembangunan Tahun 2023 Siap Diverifikasi

Pemkot Tampung 4.331 Usulan Publik  Rencana Pembangunan Tahun 2023 Siap Diverifikasi

radartasik.com, RADAR TASIK — Pemerintah Kota Tasikmalaya telah menuntaskan beragam tahapan dalam menjaring kebutuhan masyarakat melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan berjenjang dari level kelurahan. Rabu (9/3/2022), tahapan akhir penyusunan rencana pembangunan digelar di Hotel Santika Tasikmalaya. Kegiatan itu dihadiri ratusan peserta yang dibagi menjadi dua, peserta langsung dan mengikuti melalui zoom meeting.


Plt Kepala Bappelitbangda Kota Tasikmalaya H Apep Yosa Firmansyah MSi merinci, rekapitulasi usulan kegiatan aspirasi masyarakat dari hasil pelaksanaan musrenbang, pokok-pokok pikiran DPRD meliputi 4.331 usulan. Melalui musrenbang kelurahan dan kecamatan yang kemudian disepakati menjadi 2.070 usulan, melalui usulan belanja hibah 907 usulan dan pokok pikiran DPRD sebanyak 1.739 usulan.

“Sejumlah usulan ini akan dilakukan verifikasi lebih lanjut. Kemudian disinergikan dengan prioritas pembangunan dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” tuturnya.

Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf berharap program yang ada bisa direncanakan karena sebuah kebutuhan. Bukan sebatas keinginan semata.

“Harapannya program yang ada bisa benar-benar mengakomodir masyarakat dan menuntaskan berbagai masalah yang masih menjadi pekerjaan rumah besar Pemerintah Kota Tasikmalaya,” harap Yusuf.

Dia menjelaskan masa jabatan wali kota yang berakhir pada November 2022 mendatang mengharuskan perumusan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 beriringan dengan perumusan rencana pembangunan daerah 2023-2026. “Hal tersebut sesuai dengan instruksi mendagri nomor 70 tahun 2021 yang mengatur tentang penyusunan dokumen RPD 2023-2026, bagi kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2022,” jelas dia.

Pemkot mengakui pembangunan di tahun mendatang masih terasa berat sebagai dampak pandemi Covid-19 yang berkelanjutan. Namun, kata Yusuf, dengan upaya semua pihak dan capaian vaksinasi yang terus digenjot, diharapkan semua bisa kembali seperti semula.

“Beragam prioritas pembangunan di tahun 2023 tak lepas dari berbagai sektor, seperti pengurangan kemiskinan dan masalah sosial, kualitas SDM berkarakter berdaya saing, percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan dan percepatan inplementasi reformasi birokrasi,” paparnya.

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Aslim SH menuturkan setiap tahapan musrenbang di dalamnya selalui diwarnai dinamika diskusi. Proses negosiasi, rekonsoliasi serta harmonisasi antara pemerintah dengan pemangku kepentingan non pemerintah. “Maka dari, seluruh pemangku kepentingan diharapkan bisa memberikan perhatian serius dan terlibat aktif agar kegiatan musrenbang bisa tercapai esensinya,” ajak Aslim. (igi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: