Gagal Panen Hanya 50 Hektare

Gagal Panen Hanya 50 Hektare

radartasik.com, Jumlah kegagalan panen di Kabupaten Pangandaran di bawah tiga persen. Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Aep Haris.


Aep mengatakan dari luas areal sawah seluas 16.700 hektare yang mengalami gagal panen hanya 50 hektare.

“Kegagalan tersebut terjadi di Kecamatan Pangandaran lantaran areal sawah mengalami kekeringan,” katanya kepada wartawan Kamis (10/3/2022).

Sementara untuk hasil produksi padi saat ini di Kabupaten Pangandaran rata-rata 62 kuintal per hektare.

“Namun ada areal sawah yang hasil produksi panen masih menempati angka 58 kuintal per hektare yaitu di Kecamatan Cigugur dan Kecamatan Langkaplancar,” jelasnya.

Sedangkan di Kecamatan Mangunjaya rata-rata hasil produksi mencapai 64 kuintal per hektare. “Klaim asuransi pada masa tanam padi musim ini tercatat hanya 50 hektare dari luas areal 14.000 hektare yang diasuransikan,” tuturnya.

Ia mengatakan kerugian petani pada Maret ini terhitung masih rendah. “Karena luas lahan yang gagal panen masih tergolong sedikit,” ujarnya.

Salah seorang petani di Parigi Hermawan (45) mengatakan seluruh lahan di Parigi tidak mengalami gagal panen. “Kalau disini masa panen hampir selesai,” ucapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: