M Kace Menangis saat Bacakan Pembelaan

M Kace Menangis saat Bacakan Pembelaan

radartasik.com, Terdakwa yang diduga melakukan penistaan agama, M Kace menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Ciamis dengan agenda pledoi, Kamis (10/3/2022).

Sementara di luar gedung ribuan massa yang merupakan umat Islam se-Priangan Timur melakukan aksi damai dalam mengawal persidangan M Kace.

Pantauan Radar, jalanya sidang pertama mendapatkan pengawalan dari Polres Ciamis, bahkan Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH SIK MT bersam anggotanya turun langsung mengamankan jalannya persidangan.

Selain mengamankan persidangan di dalam, jajaran kepolisian juga mengawal massa yang melakukan aksi damai depan Kantor Pengadilan Negeri Ciamis yang jumlahnya mencapai ribuan orang.

Saat mulai sidang, dalam membacakan 340 halaman  pembelaannya M Kace menteskan air mata atau menangis.

Kace menjelaskan bahwa perbuatan yang dilakukannya melalui video di youtube itu hanya menjawab tuduhan yang sering kali melecehkan keimanan barunya oleh oknum tokoh agama Islam. 

“Tidak bermaksud menjelekan agama.  Namun hanya berusaha menjawab tuduhan yang sering dilontarkan oleh oknum tokoh agama Islam karena  seakan-akan mereka itu membenci perbedaan-perbedaan,” paparnya. 

Kata M Kaca, behwasanya sebagai manusia biasa tidak luput dari salah dan dosa.

 “Saya mohonan maaf, apabila dalam video yang diunggahnya menyinggung umat Islam. Karena tidak ada niat dan mengolok-olok masyarakat muslim atau menayangkan berita bohong. Namun saya dalam video, mengajak penonton untuk berdiskusi dalam menjalankan amanat agung,” tegasnya.

Tambah Kace, dalam tuntutan Jalsa Penuntut Umum (JPU) tidak mempertimbangkan hal meringankan. Karena dalam proses persidangan ini, membuatnya stres dan menderita penyakit gula darah yang tinggi bahkan sampai pingsan di persidangan.

“Jujur saya belum pernah dipidana, bahkan saya merasa sudah berlaku sopan dalam persidangan. Makanya semoga tuntutan tersebut tidak ada alasan kebencian dalam penegakan hukum serta semata-mata benar dalam koridor hukum saya benar seikhlasnya,” paparnya.

Koordinator Aksi Bela Islam KH Wawan Abdul Malik Marwan mengatakan, bahwa pembelaan Kace di persidangan kepada hakim hanyalah mata menghelas ingin dikasihani agar vonisnya ringan. “Pokonya jangan diberikan ampun hukum seberat-beratnya,” tegasnya.

Maka dari itu, pihaknya setiap kali sidang massa akan kawal terus sampai vonis. Saat pembacaan pledoi santri dan ulama dari berbagai daerah turun ke PN Ciamis.

“Apalagi saat vonis nanti akan lebih tumpah ruah ribuan yang hadir dengan tututan Kace dihukum seberat-beratnya,” tegaasnya.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH SIK MT mengatakan, pengamanan ini dilakukan dalam rangka untuk memastikan jalannya sidang berjalan aman dan kondusif. Mengingat dalam pelaksanaan sidang M Kace turut dihadiri oleh ratusan massa dari berbagai wilayah dalam maupun luar Kabupaten Ciamis.

“Kami hadir untuk memberikan rasa nyaman dan aman, baik jalannya proses persidangan maupun massa yang datang dan berkumpul di depan serta masyarakat sekitar Kantor Pengadilan Negeri Ciamis. Sehingga situasi dan kondisi yang kondusif di wilayah Kabupaten Ciamis tetap terjaga,” kata kapolres. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: