Pemilihan Rektor Unsil Digelar 14 Maret, Utamakan Musyawarah Mufakat

Pemilihan Rektor Unsil Digelar 14 Maret, Utamakan Musyawarah Mufakat

radartasik.com, RADAR TASIK - Tahapan pemilihan Rektor Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya periode 2022-2026 bersama Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan diselenggarakan 14 Maret 2022 di Lantai 2 Rektorat pukul 10.00.


Hal itu, disampaikan Ketua Senat Unsil Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi kepada Radar, Rabu (9/3/2022).

Kata Deden, pada Senin (14/3/2022) akan dilakukan tahapan pemilihan Rektor Unsil periode 2022-2026 Tasikmalaya bersama Kemendikbud Ristek. Itu dilaksanakan dengan sidang senat tertutup.

“Jadwal resmi sidang tertutup senat terkait tahapan pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya periode 2022-2026 bersama Kemendikbud Ristek, dilakukan pada 14 Maret,” katanya.

Untuk tahapan pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya tersebut, diutamakan musyawarah mufakat. Kalau tidak tercapai, pemilihan secara voting.

“Kalau dari senat sudah ada perbincangan untuk musyawarah mufakat dalam memberikan suaranya. Namun nantinya pemilihan tergantung kementerian yang memiliki suara untuk memilih calon rektor Unsil Tasikmalaya, yakni nomor satu Dr Ir Nundang Busaeri MT, nomor dua Dr Gumilar Mulya MPd, dan nomor tiga Prof Dr Iis Marwan SH Drs MPd,” ujarnya.

Lanjutnya, pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya terdiri suara senat 65 persen dan 35 persen suara menteri.

“Nantinya suara yang diberikan oleh senat dan Kemendikbud Ristek harus yang sesuai kapasitas yang dibutuhkan Unsil sekarang. Dengan begitu nantinya dapat memilih dari tiga calon, menjadi satu orang yang terpilih menjadi Rektor Unsil Tasikmalaya,” ujarnya.

Senada, Sekretaris Senat Unsil Tasikmalaya Dr Iwan Wisandani SEI MAg menyampaikan kunci melakukan musyawarah mufakat dalam pemilihan Rektor Tasikmalaya ada di Kemendikbud Ristek dan para calon rektor Unsil. Sebab dalam pemilihan tersebut, diutamakan dengan musyawarah mufakat, kalau belum menemukan kesepakatan dengan jalur voting.

“Pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya ini nantinya ditawarkan musyawarah mufakat terlebih dahulu, kalau tidak kesepakatan nantinya dengan voting. Sedangkan, untuk hasilnya nanti langsung muncul hari itu juga,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: