Lulusan SMK BK Tersertifikasi BNSP, Tersedia Beasiswa, PPDB Gelombang 2 Dibuka

Lulusan SMK BK Tersertifikasi BNSP, Tersedia Beasiswa, PPDB Gelombang 2 Dibuka

radartasik.com, RADAR TASIK — Sesuai visinya sebagai lembaga pendidikan bermutu yang menghasilkan insan cerdas, berbudaya, mandiri dan berdaya saing di tahun 2022, SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya di Jalan Ir Juanda Kota Tasikmalaya setiap tahunnya meluluskan SDM yang telah mengantongi sertifikat kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Pendidikan (BNSP).


Kepala SMK Bhakti Kencana Tasikmalaya Apt R Awaludin Nazal N SFarm mengatakan, perkembangan era revolusi industri 4.0 mengubah banyak tatanan pada Sumber Daya Manusia (SDM). Secara sederhana era revolusi industri 4.0 merupakan upaya transformasi menuju perbaikan.

Saat ini perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang tertentu, sekaligus mampu menganalisis risiko dan menemukan solusi terbaik akan risiko yang ada.

Dalam menghadapi persaingan ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membekali generasi masa depan dengan sertifikasi kompetensi. Saat seseorang memiliki sertifikat kompetensi, maka ia menunjukkan adanya suatu keahlian yang benar dimilikinya.

“Semua jurusan di SMK BK yakA­ni Asisten KepeA­rawatan, Farmasi, Multimedia dan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut sudah punya fasilitas sertifikasi komA­petensi,” katanya.

Untuk JurusA­an Asisten KeA­peA­rawatan kerja saA­ma dengan TUK Bersama LSP Asnakes, Jurusan Multimedia kerja sama dengan LSP Tematik Nusantra, Jurusan Farmasi kerja sama dengan LSP Asnakes, untuk jurusan Tata Kecantikan Kulit kerja sama dengan LSP P3 SMKN 9 Bandung.

“Jadi setelah siswa lulus sertifikasi komA­petensi, menA­dapatkan sertifikat BSNP sebagai tanda pengakuan pencapaian kompetensi yang diakui oleh industri, dunia usaha dan dunia kerja,” katanya,

Sertifikasi kompetensi ini diharapkan bisa bermanfaat untuk dunia usaha dunia industri, proses rekruitmen, jenjang karier, desain instruksional, dan yang paling penting untuk pendidikan, yaitu pengembangan evaluasi pembelajaran dan penjaminan mutu serta personal branding.

Selain itu, sambungnya, lulusan SMK BK punya kesempatan terbuka untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. “Alumni kami ada yang melanjutkan pendidikan keperawatan hingga ke Jerman. Kesempatan ini terbuka lebar untuk para alumni SMK BK,” terangnya.

Selain itu, SMK BK juga bekerja sama dengan banyak industri untuk penyaluran kerja alumni. “Puluhan industri di berbagai bidang sudah menjadi mitra kami dalam penyaluran alumni dan magang,” terangnya.

Sementara itu Awal mengatakan, saat ini SMK BK membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) gelombang 2 mulai 1 Maret hingga 31 Mei 2022.

Tersedia bea siswa akademik, prestasi, tahfiz Qur'an hingga beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP). “Sudah banyak siswa yang mendaftar di gelombang 1, peminat SMK BK cukup tinggi,” ujarnya. SMK BK punya slogan SMS Berlian yakni Sekolah Menuju Sukses Berakhlak dan Berkeahlian,” terangnya. (na)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: