FUI Ciayumajakuning Tuntut Gus Yaqut Dipecat

FUI Ciayumajakuning Tuntut Gus Yaqut Dipecat

radartasik.com, CIREBON — Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cirebon melaksanakan aksi damai untuk membela Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa (1/3/2022).


Sebaliknya, sekelompok massa dari Forum Umat Islam (FUI) Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) melaksanakan aksi untuk menuntut menag turun dari jabatannya.

Namun tempat dan waktu aksi berbeda. GP Ansor Cirebon melaksanakan aksi damai dan menyampaikan pernyataan sikap di depan Balaikota Cirebon.

Sedangkan Forum Umat Islam Ciayumajakuning menyampaikan aspirasi kepada Wali Kota dan DPRD Kota Cirebon.

Dikutip dari radarcirebon.com, sekelompok massa dari Forum Umat Islam Ciayumajakuning itu menyatakan kekecewaan kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Pernyataan sikap kekecewaan Forum Umat Islam Ciayumajakuning disampaikan dalam aksi demo di depan Balai Kota Cirebon, Selasa (1/3/2022).

Dalam pernyataan sikap yang disampaikan dalam aksi demo di Jalan Siliwangi Kota Cirebon tersebut, Forum Umat Islam Ciayumajakuning menilai menag menyamakan suara azan dengan gonggongan anjing.

“Demi Allah kami merasa kecewa dan tersakiti atas ucapan lisan yang terucap dari seorang Menteri Agama Republik Indonesia,” demikian pernyataan sikap secara tertulis.

”Dalam hal ini Bapak Yaqut Cholil dalam kalimatnya secara sadar menyamakan seruan azan yang dikumandangkan 5 kali sekali yang sejatinya adalah amalan Syariat Islam dengan suara gonggongan anjing yang mengganggu,” imbuh pernyataan tersebut.

Atas kejadian tersebut Forum Umat Islam Ciayumajakuning menyampaikan aspirasi kepada Wali Kota dan DPRD Kota Cirebon.

Mereka berharap aspirasi dan tuntutan disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Adapun tuntutan yang disampaikan adalah mencopot jabatan menteri agama.

”Kami anggap tidak layak memangku jabatan ini,” demikian disampaikan dalam pernyataan tertulis.

Disampaikan pula bahwa aspirasi tersebut diberikan waktu 3 x 24 jam untuk disampaikan kepada presiden. 

Bila tidak, Forum Umas Islam Ciayumajakuning akan kembali melakukan aksi demo dengan kekuatan massa lebih besar di Kota Cirebon.

Ketua FUI Cirebon Ustaz Al Marwi meminta agar Yaqut Cholil Qoumas dipecat dari jabatan menteri agama. Tuntutan kedua yakni menghukum Yaqut Cholil Qoumas, sesuai dengan hukum yang berlaku. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: