Puluhan Nakes Kota Banjar Terpapar Varian Omicron

Puluhan Nakes Kota Banjar Terpapar Varian Omicron

Radartasik.com, BANJAR - Meningkatnya jumlah pasien terpapar varian Omicron di Kota Banjar bukan hanya menyasar masyarakat umum saja. Akan tetapi tenaga kesehatan (nakes) juga ikut terpapar.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar dr H Andi Bastian membenarkan hal itu. Banyak nakes di Banjar yang juga terpapar Covid-19 varian Omicron.

"Berdasarkan data, sedikitnya 52 yang  terkonfirmasi aktif positif Covid-19 varian Omicron," kata dia kepada radartasik.com, Senin (28/2/2022). 

Nakes tersebut tersebar di 10 Puskesmas yang ada di Kota Banjar termasuk di rumah sakit Asih Husada Langensari. 

Selain nakes, petugas satpam di RS Asih Husada Langensari juga ikut terpapar varian Omicron. Sedangkan RSUD Kota Banjar belum terdata. 

"Hampir semua nakes terpapar varian Omicron. Lantaran tugas mereka dengan sistem tim di lapangan, sehingga mudah terpapar," tegasnya. 

Pekan kemarin, pusat pelayanan di Puskesmas dan RS Asih Husada Langensari sudah dilakukan penyemprotan disinfektan. Meski banyak yang terpapar varian Omicron, ke 10 Puskesmas tersebut masih beroperasi. 

"Tidak dilakukan penutupan sementara, karena dikhawatirkan nanti pelayanan kesehatan lumpuh. Kan tidak semua terpapar hanya beberapa nakes," ulasnya. 

Nakes yang terpapar varian Omicron sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Diketahui tidak semua bergejala atau tanpa gejala. Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada karena penyebaran Omicron lebih cepat namun tidak membahayakan. 

"Tetap disiplin prokes, jangan lupa divaksin. Karena salah satu upaya pencegahan dengan divaksin," ujarnya. (Anto Sugiarto/Radartasik.com) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: