China Cabut Semua Pembatasan Impor Gandum Dari Rusia

China Cabut Semua Pembatasan Impor Gandum Dari Rusia

Radartasik.com, China sekarang sepenuhnya terbuka untuk pengiriman gandum Rusia setelah mencabut semua pembatasan impor menurut South China Morning Post mengutip Administrasi Umum Bea Cukai negara itu.

Pengumuman itu diumumkan pada hari Kamis (24/02/2022) lalu hanya beberapa jam setelah Rusia memulai operasi militernya di Ukraina kata surat kabar itu.

Pencabutan pembatasan impor itu dapat memberikan jalur kehidupan bagi ekonomi Rusia karena menghadapi sanksi ekonomi yang keras dari Uni Eropa dan AS dan di saat yang sama membahas kebutuhan China untuk meningkatkan ketahanan pangan.

China sebelumnya membatasi impor dari Rusia karena masalah fitosanitasi, sebagai langkah untuk mengendalikan penyebaran penyakit tanaman.

Awal bulan ini selama kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Beijing, China setuju untuk mengizinkan impor dari Rusia.

Krisis di Ukraina membuat harga gandum global ke rekor harga tertinggi minggu ini. Rusia menjadi pengekspor gandum utama dunia dengan Ukraina yang dijuluki “keranjang roti Eropa”, keduanya menguasai hampir sepertiga pasar ekspor gandum global.

Dikutip dari Russian Today, China menolak untuk mengutuk tindakan Rusia di Ukraina, sebaliknya menyerukan pihak barat untuk berlatih menahan diri dan menuduh Amerika Serikat "membakar api" di wilayah tersebut. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: