Monyet Cagar Alam Pangandaran Ambil Makan dari Tempat Sampah

Monyet Cagar Alam Pangandaran Ambil Makan dari Tempat Sampah

radartasik.comPANGANDARAN — Kawanan rusa dan monyet Cagar Alam Kabupaten Pangandaran kerap dijumpai sedang memakan sampah di kawasan pantai. Mereka memakan apa saja yang ditemui di tong atau bak sampah.


Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Kabupaten Pangandaran Uking Iskandar mengatakan, kawanan rusa dan monyet memang sering keluar kawasan TWA Cagar Alam karena keterbatasan pagar pembatas. “Bagaimana mereka tidak moncor keluar kawasan, jika pembatasnya terbuat dari kayu yang mudah lapuk,” katanya kepada wartawan Kamis (24/2/2022).

Selain pembatas, kata dia, perilaku monyet dan rusa berubah saat banyak wisatawan yang memberi makan langsung. “Seharusnya para rusa dan monyet itu dibiarkan cari makan sendiri. Tapi mungkin karena sering dikasih makan, mereka jadi tidak biasa lagi makan dari alam,” terangnya.

Uking mengatakan satu-satunya jalan jika ingin mereka tetap dalam kawasan adalah dengan cara memasang pagar pembatas pantai. “Sudah mengajukan kepada anggota DPR RI Dapil Jabar Ono Surono minta pagar antara Jojontor Barat sampai Pasir Putih. Dengan ukuran 270 meter di Pantai Barat dan 185 meter di Pantai Timur,” terangnya.

Dia mengatakan persedian pakan di Cagar Alam cukup, namun monyet dan rusa ketagihan makanan yang dikasih wisatawan.

Penjaga parkir di Pantai Barat Supena (30) mengatakan melihat rusa dan monyet memungut sampah untuk dimakan. “Apalagi monyet, biasanya mereka mengambil dari kantong plastik,” ujarnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: