Sampah Plastik Selalu Bermunculan di Pantai Pangandaran

Sampah Plastik Selalu Bermunculan di Pantai Pangandaran

radartasik.comPANGANDARAN — Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran mengaku intens membersihkan sampah secara manual di pantai. Namun, setiap harinya sampah lain selalu bermunculan.


Sampah yang berada di Pangandaran sangat banyak dan beragam, biasanya kita bersihkan setiap hari secara intens,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Trisno Kamis (24/2/2022).

Ia mengatakan jenis sampah yang paling banyak ditemui adalah plastik. “Sampah plastik ini bukan berasal dari wisatawan saja,” jelasnya. Tapi, kata dia, saat air laut pasang sampah dari sungai ikut terbawa ombak.

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya akan membeli beach clean machine atau pembersih sampah pantai. “Juga membeli road sweeper, demi kebersihan objek wisata Pangandaran,” tuturnya.

Harga untuk beach clean machine yakni Rp 3,4 miliar dan road sweeper Rp 2,5 miliar. “Pengadaannya mungkin di tahun berikutnya,” jelasnya.

Warga Kecamatan Pangandaran Suherman (45) risih jika melihat sampah plastik yang ditinggalkan wisatawan. “Sampah pop mie, minuman ringan, banyak sekali,” katanya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: