Konsisten Peduli Sosial

Konsisten Peduli Sosial

radartasik.com, RADAR TASIK — Pemerintah Desa Sukamaju bersama Unit Pengelola Kegiatan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (UPK-DAPM) Kecamatan Pagerageung konsisten membantu masyarakat yang membutuhkan, salah satunya santunan terhadap jompo dan bantuan rumah tidak layak huni.


Kepala Desa Sukamaju Kunkun Iwa Kartiwa mengatakan, pihaknya menyalurkan bantuan sosial dari UPK Pagerageung untuk warganya atas nama Yoyoh (58) di Dusun Tanjungjaya. “Penerima ini merupakan jompo dan sedang sakit, kemudian kondisi rumahnya yang ditempatinya pun sangat mengkhawatirkan. Maka bantuan yang bersumber dana sosial dari UPK ini saya salurkan ke warga tersebut,” ujar dia kepada Radar, Rabu (23/2/2022).

Menurut dia, memang bantuan sosial kesehatan ini selalu rutin dilaksanakan bersama UPK untuk menyisir warga-warga yang benar-benar membutuhkan, termasuk perbaikan rumah tidak layak huni. “Saya sebagai kepala desa berusaha konsisten untuk hadir selalu di masyarakat dan membantu apa yang bisa dilakukan dengan maksimal,” ujar dia, menjelaskan.

Kepala UPK Pageurageung Kukuh Fachrur Rochman Ali SP menambahkan, pihaknya setiap tahun selalu konsisten dalam memberikan bantuan sosial kepada warga se-Kecamatan Pagerageung. “Dana sosial yang kita berika dari surplus UPK tahun 2021 sebesar Rp 527 juta. Bantuan untuk dana sosial 75 juta, sasarannya jompo 400 orang dan per orangnya Rp 50 ribu. Kemudian rumah tidak layak huni di 10 desa, satu desa satu rumah,” ujar dia.

Kata dia, selma UPK berdiri selalu konsisten setiap tahun menyalurkan bantuan sosial, salah satunya ikut membantu rumah tidak layak huni dan santunan jompo. “Sejak 2011 sudah ada 225 rumah dengan total Rp 1 miliar lebih anggaran yang tersalurkan. Bantuan per rumahnya Rp 5 juta untuk stimulan dan merangsang warga lainnya bergotong royong atau swadaya,” ungkap dia.

Kemudian, kata dia, selain rumah tidak layak huni juga melaksanakan santunan paket sembako dengan total 18 ribu yang sudah dibagikan. “Kondisi surplus seperti apapun kita selalu memprioritaskan dan konsisten untuk bantuan sosial,” pungkasnya. (yfi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: