Gugus Darma Kampung Pramuka Diresmikan

Gugus Darma Kampung Pramuka Diresmikan

RADAR TASIK - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya menggelar silaturahmi satuan komunitas pramuka berselawat dan peresmian Satuan Kegiatan Gugus Darma Kampung Pramuka Kubangsari Desa Mandalaguna Kecamatan Salopa, Sabtu (19/2/2022).


Dalam momen tersebut, sekaligus dilaksanakan juga acara pelantikan calon pengurus Gugus Darma Kampung Pramuka Dusun Kubangsari.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen menyampaikan, Kwarcab meresmikan Satuan Kegiatan Gugus Darma Kampung Pramuka Kubangsari Desa Mandalaguna Kecamatan Salopa.

Dibentuknya satuan kegiatan gugus darma ini, sebagai salah satu kampung pramuka di lingkungan Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut dia, kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu kegiatan positif dan produktif, dalam rangka meningkatkan silaturahmi komunikasi dan kerja sama masyarakat dengan kwarcab.

“Kehadiran kampung pramuka diharapkan dapat membuka ruang dan kesempatan bagi anggota pramuka serta masyarakat untuk mengembangkan kreativitas,” ungkap Zen.

Kemudian, lanjut dia, mampu mengamalkan nilai-nilai positif tri satya dan dasa darma, sehingga dalam kehidupannya menjadi lebih baik.

Dalam mencapai hal tersebut, maka anggota pramuka harus terlibat dan berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam melakukan komunikasi, interaksi dan kerja sama mengenai kelangsungan hidup dan kehidupan kampung pramuka selanjutnya.

“Hal ini dilakukan agar Kampung pramuka, khususnya Kampung Pramuka Kubangsari Desa Mandalaguna Kecamatan Salopa dapat berkembang dengan baik dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup dan kehidupan masyarakatnya,” ujar dai, menjelaskan.

Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya Koswara menambahkan, inti dan hakekat kehadiran kampung pramuka merupakan refleksi langsung kebutuhan dan potensi rohaniah manusia.

“Baik secara individual maupun kelompok, yang di dalamnya sering terkandung dimensi lalu, kini dan esok. Artinya, di dalam kampung pramuka, selalu meniscayakan terbukanya ruang kreativitas dan kebaruan,” ujar Koswara.

Dia menambahkan, dalam mengekspresikan ide dan gagasan seseorang dalam kehidupannya. Kemudian, dengan terbukanya ruang kreativitas yang dimaksud, pada akhirnya akan mendorong seseorang khususnya masyarakat dan anggota pramuka.

“Untuk lebih mengetahui, memahami dan merasakan berbagai hal yang erat hubungannya dengan peningkatan kualitas hidup dan kehidupannya. Oleh karenanya, kehadiran kampung pramuka tidak hanya berfungsi untuk mengoordinasikan dan mewadahi kegiatan masyarakat dalam gugus darma yang dibentuknya saja,” ujar dia.

Tetapi, kata dia, kegiatan ini lebih dari itu, kehadiran kampung pramuka dapat dijadikan media untuk proses pembelajaran. Dalam proses ini, kehadiran kampung pramuka diharapkan dapat membuka ruang untuk berkembangnya bidang.

Waka Humas dan Media Informasi Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya Piyan Sopian SPd MPd menambahkan, setelah penutupan acara, kegiatan dilanjutkan dengan agenda kunjungan ketua kwarcab dan rombongan ke lokasi Kampung Pramuka Kubangsari Desa Mandalaguna.

“Acara kunjungan diisi dengan melihat secara langsung potensi ekonomi kreatif masyarakat, wisata alam, pertanian dan potensi lainnya yang dimiliki oleh masyarakat Kampung Pramuka Kubangsari Desa Mandalaguna,” ujarnya, menambahkan. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: