Manfaatkan Pekarangan Rumah dengan Hidroponik

Manfaatkan Pekarangan Rumah dengan Hidroponik

radartasik.com, RADAR TASIK - Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Cikondang Kecamatan Cineam mengembangkan penanaman melalui media hidroponik untuk menanam pakcoy dan salada dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang sangat terbatas.


Kepala Desa Cikondang Eros Rosita mengatakan, kegiatan ini mulai dilaksanakan pada Desember 2021 yang melibatkan kelompok wanita tani 12 orang di satu kedusunan. Tujuannya ingin memberdayakan perempuan dengan memanfatakan lahan pekarangan. Artinya lahan sedikit pun masih bisa produktif dengan menanam sayuran dan lainnya melalui media hidrponik. 

“Ini masih pilot project dan ketika nanti berkembang bisa diterapkan di dusun lainnya. Ini sudah panen satu kali, ya hasilnya cukup untuk kegiatan kelompok sehari-hari,” kata dia, menjelaskan.

Menurut dia, ketika saat ini realisasi anggaran Dana Desa ada untuk ketahanan pangan sebanyak 20 persen, pihaknya sudah lebih dulu memfokuskan terhadap ketahanan pangan dengan membentuk kelompok wanita tani. “Nanti juga bisa kepada peternakan juga, kita lihat seperti apa perkembangannya. Termasuk sektor pertanian lainnya,” kata dia, menambahkan.

Ketua Kelompok Wanita Tani Yuni Alfiani menambahkan, pihaknya berterima kasih sekali kepada Pemerintah Desa Cikondang yang sudah memfasilitasi ibu-ibu rumah tangga. “Alhamdulillah pekarangan rumah yang terbatas ini bisa dimanfaatkan dengan baik, kemudian para ibu rumah tangga juga bisa mempunyai kegiatan yang bermanfaat,” ujar dia, menambahkan.

Menurut dia, penanaman dengan media hidroponik ini perawatannya hanya pengontrolan nutrisi dan air. Kemudian memeriksa tanaman dari serangan hama. “Jadi sistem seperti ini tidak perlu ribet dan tinggal memantau saja tinggal memanen saja dan menjualnya,” ungkap dia. (yfi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: