Rumah Longsor, Akses Jalan Desa Nasol Tertutup

Rumah Longsor, Akses Jalan Desa Nasol Tertutup

radartasik.comCIAMIS — Dapur milik salah satu warga bernama Eros (50) mengalami longsor di Dusun Desa, Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis, Minggu (13/2/2022) malam.


Beruntung penghuninya selamat dan kini mengungsi. Sedangkan material longsoran menimbun jalan sehingga aksesnya terganggu. Namun setelah masyarakat dan Tagana melakukan gerakan gotong royong jalan kembali lancar.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya menyampaikan, ia mendapat informasi dari anggotanya di Kecamatan Cikoneng bernama Iman bahwa telah terjadi bencana alam yakni belakang rumah Eros ambruk hingga bagian dapurnya jebol dan rumahnya terancam longsor.

“Material longsoran menimpa jalan hingga akses antara dusun desa menuju babakan, sehingga kendaraan mobil dan motor tidak bisa melaluinya,” paparnya.

Ade menambahkan, tebing setinggi 5 meter lebar 10 meter dan tebal 3 meter menghancurkan bangunan dapur. Dimana longsor itu terjadi karena hujan yang terus menerus sejak sore.

”Sehingga tebing juga roboh dan dapur rumah jebol, untung saja tidak sampai menelan korban jiwa, pemilik rumah aman,” paparnya.

Ade menyampaikan, upaya yang dilakukan Tagana, masyarakat dan aparat desa melakukan gotong royong pada Senin (14/2/2022) pagi membersihkan material longsoran. Sehingga akses jalan lancar kembali, sementara penghuni rumah mengungsi.

”Pihaknya menghimbau kepada masyarakat di sekitar tebing agar lebih meningkatkan kewaspadaan, karena cuaca sekarang ekstrem,” paparnya.

Memang di wilayahnya ini rawan longsor atau pergerakkan tanah mengingat banyak rumah yang lokasinya di atas tebing. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: