Antisipasi Tumbang, Tagana Pangkas Pohon

Antisipasi Tumbang, Tagana Pangkas Pohon

radartasik.com, CIAMIS - Antisipsi terjadinya bencana pada cuaca ekstrem ini, Tagana Kabupaten Ciamis memangkas dahan pohon yang terlalu rindang. Hal itu dilakukan untuk mengantisipsi pohon tunbang ketika hujan deras disertai angin kencang terhadi. Pemangkasan dahan -dahan pohon dilakukan di Jalan Raya Cimaragas-Bojong, Minggu (13/2/2022).


Ketua FK Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, pihaknya melakukan pemotongan pohon dan bambu yang rindang hingga menutupi jalan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang ketika hujan deras disertai angin kencang. “Pemotongan kami lakukan bersama Pemerintag Desa Cimaragas dan para relawan,” ujar dia kepada Radar, kemarin.

Kata dia, pemotongan ini yang terjangkau oleh Tagana dan pemerintah desa. Sementara pohon-pohon rindang yang dekat dan milik warga sebaiknya dilakukan pemotongan secara mandiri, sehingga bisa menghindari pohon tumbang dan menimpa rumah.

“Kami harapkan masyarakat juga bisa melakukan pemangkasan secara mandiri. Jika tidak bisa secara mandiri, agar segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat," paparnya.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga harus intens melihat saluran air. Karena sangat dimungkinkan sekali saluran air yang tersumbat, pendangkalan akan menyebabkan air meluap dan berdampak terhadap banjir serta longsor. “Intinya kami imbau kepada masyarakat harus tingkatkan kewaspadaan megingat cuaca sekarang cukup ekstrem," paparnya.

Kepala Desa Cimaragas Aan Rohyandi menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada Tagana dan masyarakat yang sudah bergotong royong memangkas dahan-dahan pohon yang ada di tebing. Karena lokasi tersebut sangat rawan sekali terjadi longsor atau pohon tumbang ketika hujan deras disertai angin kencang. “Namun dengan upaya pemangkasan ini bisa meminimalisir pohon tumbang dan menimpa pengguna jalan. Makanya saya berterima kasih kepada Tagana yang telah membantu pemotongan pohon," tuntasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: