Satu Warga Dusun Cigintung Tertimpa Longsor

Satu Warga Dusun Cigintung Tertimpa Longsor

radartasik.comCIAMIS - Tebing di belakang rumah milik Maman Rusman (40), warga Dusun Cigintung RT/RW 12/04 Desa Dadiharja Kecamatan Rancah longsor dan menimpa dinding rumahnya hingga jebol, Sabtu 12/2/2022) malam. Akibat kejadian ini Maman Rusman mengalami luka di bagian kaki karena tertimpa material reruntuhan.


Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis Alamsyah mengatakan, kejadian longsor tersebut pada malam hari setelah hujan deras melanda wilayah Ciamis. “Setelah mendapatkan laporan kami langsung menuju TKP untuk melakukan evakuasi. Atas kenadian ini, selain tembok dinding jebol, pemilik rumah juga ikut menjadi korban karena kakinya tertimpa material reruntuhan,” ujarnya, menjelaskan.

Kata Alam, untuk penanganan sementara korban yang rumahnya tertimpa longsor diberikan pertolongan pertama obat kampung, kemudin warga ikut membantu gotong royong membersihkan material longsor di dalam rumahnya. “Kami juga sudah menyarankan korban dan kelurganya untuk mengungsi sementara, karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan, mengingat curah hujan saat ini masih cukup tinggi,” kata dia, menambahkan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis Memet Hikmat menambahkan, saat hujan deras Sabtu malam tersebut banyak laporan kejarian bencana yang masuk, salah satunya yang di Rancah hingga pemilik rumah tertimpa material reruntuhan. “Selain itu laporan yang masuk ada pohon tumbang dan lainnya. Cuaca ekstrem seperti ini, kami mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan,” harap dia. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: