Kurikulum Merdeka, Murid Bebas Pilih Minat dan Bakat

Kurikulum Merdeka, Murid Bebas Pilih Minat dan Bakat

Radartasik.com — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar. Kurikulum Merdeka merupakan kelanjutan Kurikulum Prototipe yang telah diujicobakan di 2.500 satuan pendidikan yang tergabung dalam program sekolah penggerak dan SMK Pusat Keunggulan sejak 2021.
 
Dilansir dari JawaPos.com, keunggulan dari kurikulum ini antara lain bentuk yang lebih sederhana dan mendalam, berfokus pada materi esensial serta pengembangan kompetensi peserta didik. Sehingga peserta didik bebas memilih minat bakat. 

Keunggulan lainnya, guru dan peserta didik menjadi lebih merdeka dengan adanya kewenangan bagi sekolah dan guru untuk mengajar, serta mengelola pembelajaran sesuai karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.

Kurikulum ini menggunakan pembelajaran berbasis proyek sehingga siswa dapat aktif mengeksplorasi isu-isu aktual.

Hadirnya Kurikulum Merdeka platform Merdeka Mengajar mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. Menurutnya, Kurikulum Merdeka merupakan transformasi pembelajaran yang penting.

Tidak hanya untuk menghadapi pendidikan paska pandemi, tetapi juga sebagai jawaban dalam menghadapi perkembangan zaman. 

“Platform Merdeka Mengajar ini sangat bagus dan inspiratif. Dengan perkembangan teknologi, para guru dapat dengan mudah mengakses platform ini dari mana saja,” kata dia dalam keterangannya, Minggu (13/2).

Selain Kurikulum Merdeka, Kemendikbudritek juga meluncurkan Platform Merdeka Mengajar sebagai media pendukung pembelajaran. Platform ini dapat membantu guru mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.

Di dalam platform ini terdapat perangkat ajar hingga 2.000 referensi, asesmen murid, pelatihan mandiri, hingga video inspirasi yang dapat digunakan oleh guru. Untuk itu, dirinya meminta guru tidak khawatir dengan keberadaan Kurikulum Merdeka.

“Bapak Ibu guru bisa mencoba untuk mempelajari dulu Kurikulum Merdeka melalui platform yang telah disediakan ini. Tinggal mengunduh melalui aplikasi di handphone atau mengakses situs Kemendikbudristek,” pungkas dia. (jpg/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: