Ridwan Kamil Optimis 8 Usulan Pemekaran Daerah Disetujui Pemerintah Pusat

Ridwan Kamil Optimis 8 Usulan Pemekaran Daerah Disetujui Pemerintah Pusat

radartasik.com, PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akan terus mengusulkan daerah yang perlu dimekarkan. Sebab, dengan populasi hampir 50 juta jiwa, Jawa Barat idealnya memiliki 40 kabupaten/kota.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyampaikan usulan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar, Jumat (11/2/2022).

”Kita akan terus mengusulkan daerah-daerah yang harus kita mekarkan, idealnya dari 27 daerah itu menjadi 40 daerah,” jelas Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Dalam paripurna tersebut, Pemprov Jabar mengusulkan tiga CDPOB, yakni Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara.

Sejak 2020, total ada delapan CDPOB yang telah diusulkan. Yaitu, Kabupaten Bogor Barat, Sukabumi Utara, Garut Selatan, Bogor Timur, Indramayu Barat, Cianjur Selatan, Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara.

Dengan ditambah delapan usulan CDPOB, Jawa Barat saat ini berpeluang memiliki 35 daerah. Kang Emil menilai angka tersebut sudah melampaui target RPJMD 2018-2023, dimana daerah yang diusulkan berjumlah lima.

”Sekarang baru 35 daerah namun ini sudah melebihi target dari RPJMD kami yang hanya lima,” ucapnya.

Untuk CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan dan Kabupaten Garut Utara, rata-rata per wilayahnya memiliki 11 sampai 12 kecamatan dengan populasi per daerah antara 500 ribu sampai 600 ribu jiwa.

Usai tiga CDPOB tersebut diusulkan dalam rapat paripurna, DPRD Jabar langsung membentuk Panitia Khusus (Pansus) sebagai syarat tindak lanjutnya. ”Pansus sudah dibentuk, mudah-mudahan melengkapi semua syaratnya,” ujar Kang Emil.

Gubernur optimis setelah moratorium pemekaran daerah dicabut pemerintah pusat, delapan usulan CDPOB Jabar akan disetujui karena telah memenuhi segala aspek yang dipersyaratkan.

”Nanti pada saat moratorium dibuka oleh pusat maka Jabar yang paling siap karena minimal sudah ada delapan daerah yang sudah memadai,” katanya.

Kang Emil berharap suatu saat per satu juta penduduk Jawa Barat bisa dilayani satu administrasi pemerintahan yang dampaknya terasa pada kesejahteraan masyarakat dan kemudahan pelayanan.

”Semoga suatu hari terkejar keadilan, dimana satu juta penduduk Jabar bisa dilayani satu administrasi pemerintah,” harapnya. (rmol)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: