Cagar Alam Miliki Sembilan Gua

Cagar Alam Miliki Sembilan Gua

radartasik.comPANGANDARAN — Sudahkan Anda punya planning akhir pekan ini? Cagar Alam bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan akhir pekan di Pangandaran. Selain bisa mendapat edukasi soal flora dan fauna, Anda juga disuguhkan dengan pesona gua.


Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Pangandaran Uking Iskandar mengatakan bahwa Cagar Alam memiliki atraksi berupa gua alam dan gua buatan. “Total ada sekitar sembilan gua di sini (Cagar Alam),” jelasnya kepada Radar Jumat (11/2).

Gua tersebut yakni Gua Ronggeng, Parat, Panggung, Miring, Lanang, Rengganis, Sumur Mudal dan tiga buah gua Jepang. “Gua Jepang ini bentuknya kaya bunker. Peruntukanya juga memang untuk bunker tentara Jepang saat perang dunia II,” katanya.

Kata dia, gua yang paling populer adalah Gua Parat. Di dalamnya terdapat stalagmit. “Karena dianggap sebagai gua jodoh,” terangnya.

Kemudian, Gua Parat juga menjadi legenda pertemuan tokoh penyebar agama Islam. “Katanya sih begitu,” jelasnya.

Ada juga Gua Ronggeng yang juga populer, karena batu di dalamnya bisa mengeluarkan suara seperti gamelan. “Kalau dipukul katanya,” ucapnya.

Wisatawan Aldi Fadilah (27) mengaku suA­ka deA­ngan cerita mitos di sekitar Cagar AlA­am. “TerA­utama batuan kalde,” katanya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: