Karier Cemerlang Ragnar Oratmangoen, Calon Winger Timnas Indonesia Maluku

Karier Cemerlang Ragnar Oratmangoen, Calon Winger Timnas Indonesia Maluku

Radartasik.com, JAKARTA — Proses naturalisasi empat pemain, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen, belum rampung.

Ragnar Oratmangoen merupakan pemain Go Ahead Eagles, klub Eredivisie (Liga Utama Belanda). Ragnar Oratmangoen berdarah Indonesia, tepatnya dari Maluku.

Dalam sebuah utas yang diunggah akun twitter Eredivisie Indonesia dijelaskan profil Ragnar Oratmangoen.

Dia diketahui lahir di Oss, sebuah kota di Provinsi North Brabant, Belanda. Dia merayakan ulang tahun ke-24 pada 21 Januari 2022.

Ragnar memiliki tinggi badan 180 cm. Cukup tinggi untuk ukuran pemain Asia. Ia fasih beroperasi di pos penyerang sayap kiri.

Mengutip pernyataan Exco PSSI Hasani Abdulgani, Ragnar memiliki darah Indonesia yang berasal dari keluarga ayahnya yang dulu merupakan orang Maluku.

Ragnar mengawali karir di akademi NEC Njimegen dan sempat pindah ke TOP Oss dengan status pinjaman.

Pada musim 2019-2020, ia didatangkan SC Cambuur yang berkompetisi di Eerste Divisie (kasta kedua Liga Belanda). Secara gratis.

Bersama Cambuur, Ragnar berhasil ”menjuarai” Eerste Divisie pada musim tersebut. Sayangnya, liga di-nulify karena situasi pandemi.

Musim berikutnya, Ragnar berseragam SC Cambuur dan kembali berhasil menjuarai Eerste Divisie. Kali ini, SC Cambuur benar-benar promosi ke Eredivisie.

Apabila proses naturalisasi Ragnar berhasil, Ragnar akan menjadi pemain Indonesia pertama yang pernah menjuarai liga domestik di Eropa.

Bersama SC Cambuur, Ragnar mencetak 13 gol dan 6 asis dari 50 penampilan.

Setelah dari SC Cambuur, ia bergabung dengan status free transfer bersama tim sekarang, Go Ahead Eagles, di awal musim ini.

Selama musim 2021-2022, Ragnar bermain dalam 1.016 menit sebagai winger kiri.

Ragnar juga bisa bermain di posisi-posisi seperti DM, dimana ia sudah bermain selama 356 menit, juga AM (148 menit) dan RW (89 menit).

Total, Ragnar Oratmangoen sudah bermain selama 1.609 menit di gelaran Eredivisie 2021-2022.

Sejauh ini, Oratmangoen tidak pernah sekalipun absen membela GA Eagles. Menjadi starter dalam 20 dari 21 pertandingan GA Eagles.

Ragnar Oratmangoen memiliki skill dribbling yang sangat baik. Persentase dribbel suksesnya berdasarkan dari data @Footy_metrics bisa dibilang amat tinggi.

Dapat dilihat pula untuk metriks successful take-ons/90 dan progressive carries/90, Ragnar memiliki ranking yang cukup baik di Eredivisie

Selain dribbling, Ragnar memiliki kemampuan link-up play yang baik. Ia sudah membuat 16 key passes di musim ini dengan rataan 0,89 key passes/90.

Umpan akuratnya mencapai 82% dari 536 umpan (avg. pemain top 5 leagues memiliki persentase passing sukses 76%).

Ragnar Oratmangoen musim ini sudah mencatatkan tiga asis. Ketiganya berasal dari crossing. Crossing dari Ragnar cukup bisa diandalkan.

Dia telah melepaskan 18 crossing sejauh ini. Enam di antaranya akurat. Rataan per 90 menit, 1,01 crossing dan 0,34 crossing akurat.

Sebagai kesimpulan, Ragnar dapat menjadi tambahan kualitas yang sangat baik bagi timnas Indonesia.

Kapabilitas dribbling, passing, visi khas Belanda, crossing dan physical strength-nya akan banyak membantu timnas Garuda. Mari berdoa bersama agar proses naturalisasi Ragnar segera rampung. (pojoksatu/lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: