Perusahaan Energi Belgia Melaporkan Terkena Serangan Siber

Perusahaan Energi Belgia Melaporkan Terkena Serangan Siber

Radartasik.com, Pihak berwenang Belgia telah membuka penyelidikan atas dugaan serangan siber yang ditujukan terhadap setidaknya dua perusahaan energi di pelabuhan Antwerp dan Ghent di Belgia.

Kasus ini dibuka hanya beberapa hari setelah pejabat Jerman mengatakan mereka sedang menyelidiki kejahatan dunia maya yang serupa.

Kristof Aerts dari kantor kejaksaan Antwerpen mengatakan bahwa penyelidikan oleh Unit Kejahatan Komputer Federal telah dimulai, dikutip oleh Associated Press.

Tidak ada rincian spesifik yang diberikan mengenai perusahaan mana yang menjadi sasaran atau kerusakan apa yang terjadi, meskipun dampak langsungnya tampaknya terbatas.

Pada hari Selasa (01/2/2022), jaksa Jerman mengungkapkan mereka telah memulai penyelidikan dugaan pemerasan setelah dua perusahaan minyak di Hamburg mengeluh terkena serangan cyber.

Serangan itu, yang dilaporkan mengganggu beberapa operasi minyak dan pengiriman kapal tanker, mempengaruhi Hamburg dan setidaknya enam pelabuhan minyak di Belgia dan Belanda.

Menurut AFP, badan kepolisian Uni Eropa Europol telah menawarkan dukungan mengenai masalah ini kepada pihak berwenang Jerman.

Seorang pialang dari perusahaan Riverlake yang berbasis di Rotterdam mengatakan kepada AFP bahwa peretasan telah memengaruhi perangkat lunak di beberapa terminal pelabuhan, menghalangi mereka memproses tongkang dengan benar, sehingga kapal tidak dapat diturunkan tepat waktu.

Aerts tidak secara langsung menghubungkan insiden mengenai perusahaan Belgia dengan laporan sebelumnya, tetapi mencatat bahwa serangan siber semacam itu secara alami merupakan cerita internasional, sehingga pasti akan dilihat.

"Terutama mengapa keahlian Unit Kejahatan Komputer Federal sangat penting," tambahnya dikutip dari Russian Today. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: