35 Mahasiswa UBSI Lulus Ujikom Programmer, Siap Bersaing di Dunia Kerja dan Industri

35 Mahasiswa UBSI Lulus Ujikom Programmer, Siap Bersaing di Dunia Kerja dan Industri

radartasik.com, TASIK — Sebanyak 35 maA­haA­siswa Universitas Bina SaA­rana Informatika (UBSI) KamA­pus Tasikmalaya dinyaA­takan kompeten usai mengikuti Uji Kompetensi Programmer Program Studi Sistem Informasi, di kampus UBSI Jalan Tanuwijaya Kota Tasikmalaya, 25 Januari dan 5 Februari 2022.


Mahasiswa yang lulus mendapatkan sertifikasi kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bukti tertulis kemampuannya di bidang programmer sebelum memasuki dunia kerja. Dengan begitu lulusan UBSI lebih kompeten dan berdaya saing tinggi di dunia industri.

Ketua Prodi Sistem Informasi UBSI PSDKU Tasikmalaya Deddy Supriadi MKom mengatakan, Uji Kompetensi Programmer tersebut total diikuti 48 mahasiswa semester 5 Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Informatika UBSI Tasikmalaya.

“Kegiatan dilakukan selama dua hari, terdiri dari tes berkas, tes wawancara dan tes praktikum. Peserta uji kompetensi terlebih dahulu melakukan verifikasi dokumen melalui lsp.bsi.ac.id sebelum mengikuti proses uji kompetensi,” katanya kepada Radar, Kamis (3/2/2022).

Uji Kompetensi Programmer dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BSI dengan asesornya yakni Tuti Alawiyah ST MKom, Ai Ilah Warnilah ST MKom dan Miftah Farid Adiwisastra MKom.

“Uji Kompetensi Programmer ini salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas calon lulusan, di mana kompetensi ini wajib dimiliki mahasiswa agar mendukung salah satu profil dari lulusan program studi Sistem Informasi UBSI Kampus Kota Tasikmalaya yaitu menjadi programmer,” terangnya.

Tujuan kegiatan ini mengukur pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam membuat dan menciptakan sebuah perangkat lunak. Selain itu calon lulusan dapat memiliki bukti kompetensi dari kemampuannya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alat daya saing di dunia industri yang akan mereka masuki setelah selesai studi di program Diploma Tiga ini.

“Uji kompetensi sertifikasi programmer ini perlu dilakukan dalam rangka mengukur kemamA­puan mahasiswa dalam menguasai pemrograman,” ujarnya.

“Melalui program sertifikasi kompetensi ini memberikan kemudahan bagi calon lulusan UBSI dalam memperoleh pekerjaan di dunia usaha dan dunia industri. Karena di era 4.0 ini hampir semua perusahaan atau industri mengutamakan kemampuan atau skill karyawannya,” katanya.

Harapannya, alumni Universitas BSI yang berbekal sertifikat kompetensi mampu mendapatkan pekerjaan yang layak. Selain itu, mampu menjadi wirausaha di bidang teknologi, misalnya start up (usaha rintisan) yang saat ini sedang berkembang pesat.

Adapun mahasiswa yang belum lulus ujikom atau yang belum mengikutinya, harus mengikuti ujikom tersebut pada jadwal yang akan ditentukan nanti. (na)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: