Pisang Merah Bikin Kolesterol Ambyar

Pisang Merah Bikin Kolesterol Ambyar

radartasik.com, PISANG adalah buah yang daging lembut dan memiliki rasa manis. Pisang sering dikonsumsi orang yang tengah diet dan ingin menurunkan berat badan. Pisang diketahui bisa mengatasi rasa lapar dan memiliki khasiat nutrisi yang tinggi.

Anda hanya mengonsumsi pisang kuning? tetapi apa Anda pernah mengonsumsi pisang merah? Beberapa penelitian menyebutkan pisang merah lebih yahud dari jenis lain karena mengandung beta-karoten dan vitamin C lebih tinggi.

Pisang merah pun merupakan sumber antioksidan alami, seperti gallocatechin gallate, dopamine, L-dopa dan catecholamines.

Varian pisang luar biasa ini kaya akan serat makanan dan menyediakan 16 persen dari jumlah serat yang direkomendasikan setiap hari.

Pisang ini memiliki tampilan kulit merah yang khas. Pisang merah memiliki rasa lembut, lebih manis saat matang dan sering ditemukan di Asia Tenggara.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Meningkatkan kesehatan otak

Sebuah penelitian menunjukkan konsentrasi dopamin pada pisang merah adalah 54 mikrogram/gram, dibandingkan dengan pisang kuning.

Dopamin adalah neurotransmitter penting yang membantu meningkatkan suasana hati dan stabilitas emosional.

Ini juga bisa membantu mencegah risiko penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dalam jangka panjang.

2. Mengurangi kadar kolesterol

Dalam pisang merah sering ditemukan Fitosterol. Mereka adalah sterol tumbuhan alami dengan struktur yang mirip dengan kolesterol. 

Mereka membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh dengan cara diserap di usus. Daging dan kulit pisang merah kaya akan fitosterol.

3. Mencegah batu ginjal

Kalium berkaitan dengan penurunan risiko batu ginjal. Pisang merah mengandung kalium tinggi sehingga bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Makan pisang merah secara rutin bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi risiko batu ginjal.

4. Membantu menurunkan berat badan

Pisang merah mengandung lebih sedikit kalori dibanding dengan varian lainnya. Mereka memberikan rasa kenyang tanpa menambahkan terlalu banyak kalori.

Dengan demikian, mengonsumsi pisang merah secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan. (genpi/jpnn/lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: