TPT Longsor Ancam Rumah Warga

TPT Longsor Ancam Rumah Warga

radartasik.comCIAMIS - Hujan deras mengakibatkan tembok penahan tebing (TPT) depan rumah milik Iyam (40), warga Banjarpinang RT/RW 001/003 Desa  BanjarA­angA­sana, Panumbangan longsor, Selasa (1/2/2022) sore. Akibat kejadian ini, rumah Iyam terancam terbawa longsor dan harus mengungsi.


Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, di Dusun Banjarpinang Desa Banjarangsana Kecamatan Panumbangan telah terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan musibah bencana alam tanah longsor di TPT rumah warga.

”Jumlah keluarga korban akibat musibah sebanyak tiga orang dan untuk sementara dievakuasi di tetangga terdekatnya,” ujar dia, menjelaskan.

“TPT tersebut sudah benar-benar dekat dengan rumah, jadi kalau ada hujan susulan sangat rentan terbawa longsor. Kami imbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat saat ini seringkali terjadi bencana alam di Kabupaten Ciamis,” ujar dia, menambahkan.

Kata dia, pada Januari 2022 laporan yang masuk ke Tagana itu ada 18 kali dengan 113 titik di wilyah Kabupaten Ciamis.

Kasi Pelayanan Desa Banjarangsana  Aceng Kusaeri mengatakan, ketinggian longsoran mencapai enam meter. Beruntung dalam kejadian ini tidak sampai ada korban jiwa, namun rumah warga terancam terbawa longsor.

“Sekarang penghuni rumah mengungsi dulu, kami terima kasih kepada Dinas Sosial yang membantu logistik buat korban. Sehingga kami serahkan logistiknya langsung kepada korban,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: