PLN UP3 Garut Zero Accident

PLN UP3 Garut Zero Accident

radartasik.comGARUT KOTA — PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Garut melaksanakan apel gabungan dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2022. 


Kegiatan bertema Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi itu dilaksanakan di Lapangan Korem 062/Tarumanegara, Kecamatan Garut Kota Rabu (2/2/2022).

Manager PLN UP3 Garut Nurhidayanto Nurgroho menuturkan, kegiatan apel siaga rutin dilaksanakan. Tetapi pada bulan K3 diadakan secara simultan. Untuk memastikan personel, peralatan dan persiapan mobilitas agar terhindar dari potensi bahaya besar seperti kecelakaan kerja. “Tujuan kita yakni penguatan budaya K3 pada setiap proses bisnis kelistrikan untuk mewujudkan zero accident,”tuturnya.

Selain apel gabungan, pada peringatan bulan K3 ini, pihaknya juga melaksanakan simulasi bencana dan bakti sosial berupa donor darah serta melakukan penanaman pohon.

Sementara itu, kata dia, pada bulan K3 tahun 2021berdasarkan keyperformanceindicator (KPI) tentang kepatuhan dan kecelakaan kerja, PLN UP3 Garut nihil atau zero accident. “Harapannya tidak hanya di tahun 2021, langkah preventif dari sekarang kedepannya dan selamanya kita hindarkan karena tujuan kita zeroaccident,”ujarnya.

Terkait kondisi Garut yang rawan bencana, pihaknya telah menyiapkan langkah preventif maupun korektif, dengan menyiagakan pasukan di lapangan baik dari pelayanan teknik maupun dari teritorial untuk selalu siaga dan memetakan daerah yang berpotensi bencana. “Kita juga bersinergi dengan beberapa pihak, baik informasi maupun penanganan seperti dengan pemadam kebakaran dan BPBD, tentu kita berkomunikasi secara intens, khususnya di masa-masa mitigasi atau rawan bencana,”katanya.

Kepala Staf Korem (Kasrem) 062/Tarumanegara Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon mendukung Program Bulan K3 Nasional 2022 yang dilaksanakan PLN UP3 Garut. “Seperti adanya beberapa gangguan listrik, mereka (PLN) cepat tanggap dan melaksanakan kegiatan dengan baik,”katanya.

Sementara terkait sinergitas antara Korem dan PLN, pihaknya berharap bisa dipertahankan dan ditingkatkan, dengan menjalin komunikasi terutama dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Garut. “Tentunya PLN bisa bersinergi dengan Babinsa Kodim dan Korem dalam rangka membantu masyarakat, dengan membangun sistem pelaporan cepat, sehingga bisa menanggulangi berbagai masalah di wilayah itu,”ujarnya. (son)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: