Total 99 Rumah Warga Terdampak Bencana di Kota Banjar

Total 99 Rumah Warga Terdampak Bencana di Kota Banjar

radartasik.com, BANJAR — Berdasarkan hasil pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, bencana alam yang terjadi Senin (31/1/2022) sore menyebabkan 99 rumah di tiga wilayah terdampak.


Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar Kusnadi SIP mengatakan wilayah yang terdampak bencana paling banyak di Desa Rejasari 48, Kelurahan Bojongkantong 31, dan Desa Kujangsari 20 rumah tertimpa pohon tumbang.

“Kebanyakan rumah yang tertimpa pohon tumbang alami kerusakan ringan, sedang dan ada juga yang berat,” kata dia kepada wartawan, Selasa (1/2/2022).

Bencana alam kali ini terjadi diakibatkan cuaca yang cukup ekstrem di wilayah Kota Banjar dan sekitar.

Selain bencana pohon tumbang menimpa rumah warga, juga disertai banjir hingga masuk ke rumah warga namun kini sudah surut.

“Kalau banjir diakibatkan meluapnya air dari saluran irigasi sehingga tidak bisa tertampung. Lalu meluap ke pemukiman warga,” tuturnya.

Untuk penanganan bencana kali ini sudah dilakukan evakuasi besar-besaran dengan mengerahkan 150 tim gabungan. Dari TNI Polri, Tagana, PMI, Jaber, Rapi, Satpol PP dan juga Linmas.

Pihaknya sudah mengimbau warga agar pohon yang ada di sekitar rumah dipangkas atau ditebang. Karena dikhawatirkan tumbang saat bencana.

Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih SIK MSi yang turut hadir dalam penanganan evakuasi mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati.

“Terlebih di cuaca ekstrem saat ini, harus ekstra waspada dan tetap berhati-hati. Karena bencana kapan saja bisa terjadi,” tuturnya.

Dalam mempercepat penanganan evakuasi bencana, pihaknya menerjunkan ratusan personel Polres Banjar untuk membantu. Karena banyaknya titik lokasi bencana sehingga dibutuhkan personel yang cukup banyak, bergabung dengan yang lain bahu-membahu mengevakuasi. (Anto Sugiarto / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: