Mahasiswa Temukan Objek Luar Angkasa Misterius

Mahasiswa Temukan Objek Luar Angkasa Misterius

Radartasik.com, Para ilmuwan yang menggunakan teleskop kuat di Australia Barat telah menemukan objek "misterius" di galaksi kita, objek itu melepaskan ledakan energi raksasa tiga kali dalam satu jam.

Para peneliti menganggap itu bisa menjadi "magnetar ultra-periode panjang," yang belum pernah diamati sebelumnya.

Objek itu ditemukan oleh Tyrone O'Doherty, seorang mahasiswa di Universitas Curtin di Perth, Australia, menggunakan teleskop Murchison Widefield Array (MWA) di pedalaman Australia Barat yang berpenduduk jarang.

O'Doherty dan timnya mengamati bagaimana objek aneh itu berputar di luar angkasa, melepaskan pancaran radiasi yang kuat setiap 20 menit, setiap menit sekali, menjadikannya salah satu sumber radio paling terang di langit malam.

Penelitian tim itu diterbitkan dalam jurnal ilmiah “Nature” pada hari Rabu (26/1/2022), para ilmuwan berspekulasi bahwa objek itu bisa menjadi "magnetar periode sangat panjang," sejenis bintang neutron yang berputar perlahan, tertinggal setelah runtuhnya sebuah bintang super raksasa.

Bintang neutron biasanya memancarkan semburan radiasi dengan sangat cepat  seperti pulsar, yang berkilat setiap beberapa milidetik atau perlahan, seperti halnya supernova, yang berkedip setiap beberapa hari.

Sedangkan objek yang ditemukan oleh O'Doherty dan timnya, jauh lebih langka dan belum pernah diamati sebelumnya.

“Objek ini muncul dan menghilang selama beberapa jam selama pengamatan kami,” kata ahli astrofisika Dr. Natasha Hurley-Walker.

“Itu benar-benar tidak terduga. Itu agak menakutkan bagi seorang astronom karena tidak ada yang diketahui di langit yang melakukan itu.” Tambahnya.

"Dan itu benar-benar cukup dekat dengan kita, sekitar 4.000 tahun cahaya, Itu ada di halaman belakang galaksi kita." Pungkasnya dikutip dari Russian Today. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: