Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Sesalkan Ucapan Edy Mulyadi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Sesalkan Ucapan Edy Mulyadi

radartasik.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyesalkan ucapan Edy Mulyadi soal Kalimantan tempat jin buang anak.

Kang Emil –begitu Ridwan Kamil akrab disapa– mengatakan tidak sepatutnya Edy Mulyadi memilih diksi yang membuat ketersinggungan.

”Jika seorang Edy Mulyadi tidak setuju pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan dengan memilih diksi lisan yang akhirnya ditafsir menghinakan Kalimantan, tentulah sangat disesalkan,” kata Ridwan Kamil, Rabu (26/1/2022).

Kang Emil mengemukakan negara ini tiap saat dibuat ribut dengan berbagai persoalan. Belum usai soal ucapan Arteria Dahlan yang membuat warga Sunda marah.

Kini muncul ucapan Edy Mulyadi yang membuat warga Kalimantan tersinggung. ”Negeri ini menjadi bising kembali karenanya,” katanya. 

”Belum selesai satu masalah kemarin, datang lagi pernyataan yang merusak kain tenun kebhinekaan. Dan tidak bisa dihindari akan jadi perkara hukum,” imbuh Ridwan Kamil

Dia mengatakan pemindahan ibu kota negara bukan wacana baru. Sudah ada sejak era Presiden pertama Soekarno. ”Karena Jakarta memang tidak pernah didesain sebagai ibu kota negara,” kata gubernur. 

Kang Emil menilai Presiden Jokowi memilih Kalimantan untuk ibu kota karena punya alasan tertentu. Di antaranya karena jauh dari potensi bencana, posisi di tengah nusantara dan menguatkan semangat pemerataan.

Dia menyarankan agar masyarakat berbicara yang baik atau memilih diam. Dirinya sebagai salah satu juri sayembara IKN yakin ibu kota baru kelak akan maju dan membanggakan. (FIN/lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: