Tiga Nama Segera Disetorkan ke Kemendikbud

Tiga Nama Segera  Disetorkan ke Kemendikbud

radartasik.com, TASIK - Setelah memutuskan tiga calon Rektor Universitas Siliwangi (Unsil), panitia pelaksana dan senat akan langsung berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada Rabu-Kamis (26/27-1/2022).


”Kita segera audiensi dengan Kemendikbud Ristek untuk menginformasikan hasil pemilihan calon Rektor Unsil selanjutnya,” kata Ketua Senat Unsil Tasikmalaya Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi kepada Radar, Senin (24/1/2022).

Prof Deden menjelaskan pihaknya ke Kemendikbud Ristek untuk menyampaikan tentang proses pelaksanaan dari tujuh bakal calon menjadi tiga calon Rektor Unsil yang telah sesuai dengan aturan.

”Selain itu, kita juga berkoordinasi dalam menyelenggarakan pendalaman visi-misi dan program kerja dari tiga calon Rektor Unsil tersebut,” tuturnya.

Karena pada 27 Januari 2022, kata Prof Deden, dijadwalkan sidang tertutup senat untuk memilih Rektor Unsil terpilih. ”Adanya koordinasi ini, mengingat dalam pemilihan tiga calon Rektor Unsil ada suara hak anggota senat 65 persen dan kementerian 35 persen,” ujarnya.

Ditambah, pihaknya perlu menginformasikan soal adanya perubahan nomor urut kandidat. Hal ini disesuaikan dengan jumlah raihan suara saat sidang tertutup.

Dengan ketentuan, nomor satu Dr Ir Nundang Busaeri MT yang mendapat sepuluh suara, nomor dua Dr Gumilar Mulya MPd mendapat enam suara dan nomor tiga Prof Dr Iis Marwan SH Drs MPd dengan lima suara.”Ya nomor urutnya pun kita sesuaikan dengan jumalah raihan suara calon rektor,” paparnya.

Sementara itu, Ikatan Alumni (IKA) Unsil Tasikmalaya menginginkan ada jalinan harmonis antara alumni dan kampus. Tujuannya, agar lebih sinergi dengan adanya ruang koordinasi untuk IKA.

”Sebab IKA akan terus semaksimal mungkin menjadi salah satu pendorong kemajuan bagi Unsil,” ujar Wakil Ketua Satu IKA Unsil Evan Mutaqin Darussalam.

Dia menambahkan dengan adanya ketetapan tiga calon Rektor Unsil dari internal yang lolos, tentu pihaknya sangat bersyukur dan menghargai hasil tersebut. Untuk itu, pihaknya berharap ke depannya ada sarana bagi IKA, baik itu sekretariat atau apapun di dalam kampus guna melancarkan silaturahmi. ”Sebab, kehadiran IKA sejatinya juga menjadi salah satu penunjang untuk peningkatan akreditasi dan hal lainnya,” paparnya.

Alumnus Unsil Tahun 1995, A Dudi Krisnadi menyampaikan ketiga calon Rektor Unsil dari internal mempunyai kapasitas yang mumpuni.

Ia pun yakin ketiga calon Rektor Unsil mampu mengesampingkan ego pribadi dan bisa berbagi peran, akan sangat luar biasa dampaknya bagi Unsil.

”Artinya nantinya siapapun terpilih Rektor Unsil nantinya, diharapkan dapat mempunyai pengaruh kepada swasta untuk bekerja sama. Dengan begitu, rektor terpilih dapat mempengaruhi kemajuan Unsil ke depan,” kata Founder & Owner PT Moringa Organik Indonesia (PT MOI). (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: