LLDIKTI Yakin Universitas BTH Unggul dan Kompetitif

LLDIKTI Yakin Universitas BTH Unggul dan Kompetitif

Radartasik.com, TASIK — Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV, Dr M Samsuri SPd MT, mengucapkan selamat atas keberhasilannya LLDIKTI Yakin Universitas BTH Unggul dan Kompetitif.


Ia pun berharap Universitas BTH menjadi perguruan tinggi yang unggul, inovatif, dan kompetitif saat ini dan yang akan datang.

Oleh karenanya, ia pun memberikan tantangan kepada Universitas BTH agar mendapatkan akreditasi unggul. Yakin bisa karena fasilitas atau sarana prasarana sudah memiliki laboratorium lengkap.

"Ini tinggal kemauan, mau cepat atau lama-lama menjadi unggul. Kalau mau cepat Universitas BTH saya yakin bisa," katanya saat peresmian Universitas BTH, Sabtu (22/01/2022).

"Karena kita sebagai lembaga pelayanan perguruan tinggi mendukung apa yang ditargetkan. Misalnya Universitas BTH mau akreditasi unggul, mari kita bersama-sama mencapai tujuan tersebut," sambungnya.

Kemudian, ia pun memberikan beberapa pesan penting untuk dilakukan Universitas BTH. Sebab ia melihat peluang yang bagus, sebagai perguruan tinggi swasta dapat melakukan akselerasi, supaya lincah bergerak.

Universitas BTH bisa cepat bertransformasi. Itu ketika perguruan tingginya betul-betul menerapkan tata kelola dijalankan dengan baik.

"Ada dua hal penting dalam hal tata kelola yakni pertama, ketaatan asas mengikuti  semua prosedur dan aturan pemerintah yang berlaku. Termasuk ketertiban dan kevalidan pelaporan PD Dikti," terangnya.

Kedua, beber dia, tata kelola yang baik itu adalah tidak ada konflik. Kalau bibit konflik, harus segera ingat filosofi pendirian Yayasan BTH. Ingat Pendidikan Tinggi tidak konsumsi kepentingan personal.

"Kalau filosofi betul-betul dijalankan dan diingat maka konflik tidak terjadi. Lalu selama diikuti benar, menjadi cikal bakal berkembang dan maju sesuai cita-citakan Universitas BTH dapat unggul dalam bidang teknologi, kesehatan dan bisnis," bebernya.

Ditambah, kata dia terus dibarengi komunikasi dengan baik secara internal dan eksternal.

Pesan selanjutnya, ia mengingatkan Universitas BTH agar terus melakukan peningkatan SDM dosen ataupun tenaga kependidikan. Untuk itu, bisa memanfaatkan beasiswa dari Kemendikbud Ristek, yayasan, atau pihak ketiga lainnya.

"Jangan ragu-ragu Universitas BTH mendorong dosen melaksanakan penelitian, riset, ataupun mendorong menjadi doktor hingga guru besar. Jika ingin maju dan unggul jangan pelit investasi SDM," tambahnya.

Terakhir, Universitas BTH perlu penguatan kepemimpinan atau leadership. Hal ini penting karena energi seorang pemimpin, bukan hanya kepada Rektor saja tetapi semua civitas akademika berfungsi untuk perguruan tinggi ini.

"Mudah-mudahan semua itu dijalankan oleh Universitas BTH, nantinya prodi-prodi yang ada bisa terus berkembang dan lebih maju. Dengan begitu menjadi kampus yang unggul dan mewah," jelasnya.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tasikmalaya, Undang Herdiana menuturkan, perguruan tinggi mempunyai peran yang sangat penting dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. 

Itu dapat diwujudkan dengan membangun gerakan pembelajaran masyarakat untuk terciptanya transformasi sosial ke arah yang lebih positif.

"Oleh karenanya, bukan hanya proses belajar saja, tetap perguruan tinggi diharapkan lebih memberikan manfaat yang luas. Yakni mempengaruhi masyarakat secara sistematis dan berdampak luas di masa-masa mendatang," tuturnya.

Untuk itu, perguruan tinggi penting untuk selalu menjalin kedekatan dengan masyarakat. Bisa dengan melakukan kerja sama dengan mitra kelompok masyarakat dengan perguruan tinggi.

"Oleh karenanya kehadiran Universitas BTH ini diharapkan mencetak generasi muda dan berkarakter. Kemudian bersinergi dengan pemerintah dalam rangka mewujudkan pembangunan daerah, khususnya dalam bidang pendidikan," jelasnya.

Dalam acara grand launching tersebut selain penandatanganan prasasti oleh ketua LLDikiti wilayah 4/ pihak Universiras BTH pun melakukan MoU dengan mitra kerja Universitas BTH. (rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: