Badai Melanda Kota Cirebon, Atap Transmart Runtuh, Pohon Bertumbangan

Badai Melanda Kota Cirebon, Atap Transmart Runtuh, Pohon Bertumbangan

radartasik.com, CIREBONHujan badai melanda Kota Cirebon pada Minggu (23/1/2022) sore. Sejumlah pohon dikabarkan tumbang dan bangunan rusak akibat hujan disertai angin kecang dan petir itu.

Salah satunya, atap teras Transmart Cirebon ambruk. Sekeluarga –tiga orang– yang baru saja tiba di sana tertimpa material reruntuhan atap, dan dilarikan ke Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon.

Satu orang mengalami luka di kepala akibat tertimpa material bangunan sehingga harus mendapatkan beberapa jahitan.

Manager on Duty (MoD) Transmart Cirebon Hadi mengatakan atas kejadian tersebut pihaknya belum mendapatkan kronologi kejadian secara lengkap.

Sebab, insiden atap ambruk tersebut terjadi sangat cepat dan tiba-tiba. Kini pihaknya telah melakukan pembersihan di area reruntuhan.

Untuk korban, kata dia, telah ditangani pihak rumah sakit. Sementara akses pintu depan ditutup. Pengunjung dialihkan melalui pintu belakang.


Selain menyebabkan atap teras Transmart runtuh, hujan badai yang menerjang Kota Cirebon menyebabkan pohon tumbang hingga lapak PKL porak-poranda.

Paguyuban Pedagang Pasar Harjamukti melaporkan kepada radarcirebon.com, kondisi lapak yang berada di pinggir jalan rusak berat.

Selain tertimpa pohon, bangunan lapak PKL juga rusak diterjang hujan deras dan angin kencang.

”Kejadian sebelum maghrib tadi. Tiba-tiba hujan sama angin kencang, langsung rusak semua,” katanya, Minggu (23/1/2022) malam.

Kondisi serupa juga terjadi di Jl Pekiringan. Pedagang kaki lima yang biasa buka malam hari, baru saja mempersiapkan lapak mereka.

Namun di tengah persiapan itu, hujan deras dan angin kencang menerjang hingga membuat sebagian tenda mengalami kerusakan.

Sejauh ini, informasi yang diterima radarcirebon.com, terdapat satu orang korban yakni ojek online yang tertimpa pohon.

Kemudian satu orang lainnya cedera kepala karena tertimpa reruntuhan atap bangunan. Sementara sebaran lokasi kejadian pohon tumbang, sebagai berikut:

- Jl Cipto Mangunkusumo
- Jl KS Tubun
- Jl Kalitanjung
- Jl Angkasa Raya

Yayasan Manarussalam

Dilaporkan juga dua rumah pengurus Yayasan Manarussalam dan ruang kelas MTs Sains Al Hadid Hidayatullah Kota Cirebon rusak diterjang badai.

Dua rumah dan sekolah ini terletak di Jalan Goa Sininih RT 003 RW 003 Kelurahan Karyamulya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Atapnya hancur berantakan diterjang angin kencang yang disertai hujan deras, Minggu 23 Januari sekitar 17.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya sebagian dokumen penting milik pribadi banyak yang rusak terkena air hujan yang masuk ke dalam rumah setelah atap diterjang angin.

Sampai berita ini ditulis belum bisa diperkirakan berapa kerugian yang diakibatkan kejadian tersebut sehubungan pemilik rumah beserta rombongan pengurus tengah ke Klaten Jawa Tengah.

Ketika dikonfirmasi, pemilik rumah Ustadz Suharno, masih berada di perjalanan pulang dari Klaten. Suharno bersyukur tidak ada korban jiwa.

”Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Ada pun kerusakan rumah karena diterjang angin kencang itu sudah takdir Allah yang bisa jadi sebagai teguran atas kelalaian kepada Allah SWT atau juga mungkin ujian kesabaran bagi keluarga kami,” ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon sedang melakukan penanganan dan evakuasi pohon agar tidak menutup arus lalu lintas. (Radar Cirebon / lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: