Usai Resmikan Pasar Pancasila, Wamendag dan Wagub Pastikan Minyak Goreng Murah

Usai Resmikan Pasar Pancasila, Wamendag dan Wagub Pastikan Minyak Goreng Murah

radartasik.com, KOTA TASIK — Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menjamin ketersediaan kebutuhan pokok dan memastikan harga terjangkau. Disamping itu, harga minyak goreng di pasaran harus Rp 14 ribu per liter sesuai dengan kebijakan menteri perdagangan. 

”Pedagang di pasar tradisional masih ada waktu untuk menyesuaikan harga. Setelah itu harga Rp 14 ribu per liter diberlakukan. Diberikan satu minggu untuk pasar tradisional untuk menyesuaikan,” kata dia kepada wartawan usai meresmikan Pasar Pancasila Kota Tasikmalaya, Sabtu (22/1/2022).

Usai meresmikan bangunan pasar, Jerry didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Pancasila.

Hasilnya? Menurut dia, harga kebutuhan pokok di beberapa pedagang masih normal bahkan cenderung turun. Di antaranya, beras bawang putih, bawang merah, cabai dan telur relatif turun harga. Bahkan, sebagian pedagang ada yang menurunkan harga minyak goreng yang sempat melambung di pasaran.

”Kami bersama Pemprov (Jawa Barat) dan Pemkot (Tasikmalaya) memastikan harga terjangkau. Memang ini tantangan yang selalu kita hadapi sekarang. Tapi, kami pastikan harga terjangkau dan yang terpenting stok barangnya ada,” jelas dia.

Terkait dengan minyak goreng, kata dia, menteri perdagangan sudah mengumumkan harga Rp 14 per liter. Untuk pasar tradisional bisa menyesuaikan dan diberikan waktu satu minggu.

”Jika setelah satu minggu sejak diumumkan harga oleh pak menteri perdagangan, namun kenyataannya di lapangan harga minyak goreng mahal, tentu akan ada tindakan dan sanksi,” katanya.

Disinggung pengawasan di lapangan, Jerry menegaskan, semuanya dari pemerintah pusat, pemprov dan daerah, termasuk asosiasi-asosiasi terkait, ikut mengawasi.

Sehingga, sambung dia, masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga juga kepala keluarga tidak lagi kesulitan karena harga minyak goreng yang sangat tinggi. ”Kami jamin harga minyak goreng di pasaran murah yang penting stoknya ada,” kata dia.

Dalam agenda kunjungan tersebut, Jerry juga sempat mencoba dan memperlihatkan transaksi QRIS di Pasar Pancasila. ”Pasar Pancasila yang sudah direvitalisasi dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat senilai Rp 15 miliar itu bisa dilakukan penjualan dengan sistem uang digital ataupun online,” kata dia. (Ujang Nandar / Radar Tasik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: