6 Khasiat Kulit Jeruk Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

6 Khasiat Kulit Jeruk Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Radartasik.com, SELAMA ini orang menganggap kulit jeruk adalah sampah yang harus dibuang. Namun ternyata, kulit jeruk memiliki kegunaan untuk kesehatan dan kecantikan.

Kulit jeruk mengandung phytochemical, flavonoid, antioksidan dan menyimpan vitamin A, B, C, tembaga, kalsium, dan magnesium.

Dilansir dari Organic Facts, kulit jeruk memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan kulit wajah dan mengatasi masalah kesehatan seperti asma.

Cara menggunakan kulit jeruk pun cukup mudah. Untuk kecantikan, cukup dengan mengoleskannya pada kulit wajah. Atau, masak kulitnya dengan air mendidih hingga menjadi saus atau pasta lalu biarkan dingin dan oleskan.

Bisa juga dengan mengeringkan kulitnya. Kemudian menggilingnya menjadi bubuk yang dapat ditambahkan ke makanan dan minuman. Atau, ditambahkan dalam air mandi untuk menghaluskan kulit. Selain itu, bisa dengan menyeduh teh kulit jeruk untuk diminum.

Apa saja manfaat kulit jeruk? Berikut manfaat bagi kulit dan kesehatan:

1. Perawatan kulit
Dikemas dengan vitamin E dan sejumlah antioksidan, mengoleskan kulit jeruk dalam langsung pada kulit dapat membersihkan kondisi peradangan. Bahkan mencegah keriput dan penuaan dini.

2. Alergi
Kulit jeruk dapat menekan reaksi alergi dan mengurangi ketegangan pada pertahanan tubuh.

3. Kesehatan jantung
Dengan kadar serat yang baik, mengonsumsi kulit jeruk baik bagi kesehatan jantung. Lantaran, kulit jeruk membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penumpukan kolesterol.

4. Asma
Saat meminum ekstrak kulit jeruk menjadi teh atau dalam bentuk bubuk, dapat meredakan peradangan di pernapasan.

5. Pencernaan
Kandungan serat dalam kulit jeruk membantu merangsang fungsi usus normal dan mencegah sembelit.

6. Sistem kekebalan
Dengan vitamin C dan berbagai antioksidan, kulit jeruk mampu meningkatkan pertahanan sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap berbagai patogen dan infeksi flu dan pilek. (jpn/lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: