Mahasiswa IAILM Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Mahasiswa IAILM Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

radartasik.com, SUKAHENING - Mahasiswa Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Tasikmalaya, melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Banyurasa Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya. Pada KKN ini mereka mengambil tema pembinaan dan pemberdayaan masyarakat berbasis pedesaan dalam meningkatkan minat baca.


Ketua kelompok 7 KKN IAILM, Dadan Dika Nugraha dari Fakultas Syariah Prodi Ekonomi Syariah mengatakan, ketika berbincang-bincang dengan kepala Desa Banyurasa, mengarahkan terkait minat baca. “Kami secara bersama turun langsung ke lingkungan masyarakat untuk mendalami budaya dan adat istiadat, yang ada di masing- masing ke punduhan di Desa Banyurasa ini,” kata dia, menjelaskan.

Dadan menyebutkan, observasi ini baru berjalan selama kurang lebih lima hari dengan melakukan pemetaan lokasi yang akan dijadikan tempat sebagai pelaksanaan kegiatan KKN. “Mahasiswa yang tergabung di kelompok 7 ini, nantinya akan disebar untuk mengajar yakni di tempat Madrasah, TPA seperti PAUD dan tempat berkumpulnya anak- anak,” ujar dia.

“Kelompok KKN 7 Syekh Habib Al Jamiy ini diikuti 10 orang dari berbagai macam fakultas. Di antaranya dari masing-masing fakultas, seperti PAI, PGSD ,Ilmu Tasawuf dan Ekonomi Syariah,” kata dia, menambahkan.

Sementara itu, Kepala Desa Bayurasa Lalan Ruslan menyebutkan, para mahasiswa yang KKN di desa diharapkan bisa menularkan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat Banyurasa. “Mudah-mudahan masyarakat Desa Banyurasa lebih antusias dan menyambut baik para mahasiswa yang KKN ini. Dan masyarakat bisa merasakan manfaat para mahasiswa yang akan mengabdikan dirinya selama beberapa hari ke depan ini,” kata dia. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: