Ini Tarif dan Wilayah yang Dilalui Tol Getaci dari Gedebage sampai Garut

Ini Tarif dan Wilayah yang Dilalui Tol Getaci dari Gedebage sampai Garut

radartasik.com - Sejak awal tahun 2022 ini, jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) sudah mulai dikerjakan.

Mengutip situs resmi BPJT Kementerian PUPR, disebutkan beberapa hal, mulai dari jarak, jalur yang bakal dilalui, pemenang lelang, masa konsesi, nilai investasi, hingga paramater yang dikompetisikan berupa tarif tol.

Untuk pemenang lelang, yakni Konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Daya Mulia Turangga-PT Sarana-PT Gama Group, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Kemudian, jangka waktu kerja sama dengan masa konsesi 40 tahun sejak surat perintah mulai kerja (SPMK) dengan nilai investasi Rp56,2 triliun.

Sementara, tarif tol awal untuk kendaraan Golongan 1 pada saat beroperasi tahun 2024 nanti, mulai dari gede Bage Hingga Cilacap yakni, senilai Rp2.025 per kilometer. Sedangka panjang jalan tol Getaci ini, totalnya 206,65 KM.

Artinya, total kocek yang harus dikeluarkan anda jika menjelajahi secara ful ruas Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, adalah lrbih kurrang Rp418.460. 

Nah, untuk tujuan Gede Bage-Garut, dengan asumsi jarak 60 KM, maka tarif yang harus dibayar adalah lebih kurang Rp121.500.

Sedangkan wilayah yang akan dilalui tol Gede Bage Hingga Kabupaten Garut adalah:

Kabupaten Bandung 

Di Kabupaten Bandung yang akan terkena proyek pembebasan tol adalah Kecamatan Bojongsoang, Rancaekek, Solokanjeruk, Majalaya, Paseh, Cikancung, dan Nagreg. Perinciannya sbb: 

1. Kecamatan Bojongsoang 

Ada 1 desa yang terkena pembebasan lahan yaitu: Tegalluar sebagai titik awal STA 0+000 

2. Kecamatan Rancaekek 

Ada 3 Desa yang terkena pembebasan yakni; Desa Tegal Sumedang, Sukamanah dan Desa Bojongloa. 

3. Kecamatan Majalaya 

Di Kecamatan Majalaya beberapa desa yang akan terkena dampak jalan tol proyek nasional ini. 

4. Kecamatan Solokanjeruk 

Melintasi antara lain  Desa Rancakasumba 

5. Kecamatan Paseh 

Di daerah ini ada lima desa yang terkena  pembangunan tol yakni: Desa Cijagra, Tangsimekar, Cigentur, Cipedes dan Desa Karangtunggal. 

6. Kecamatan Cikancung 

Yang terdampak adalah Desa Cihanyir, Desa Mandalasari,Desa Ciluluk (Rest Area), Desa Mekarlaksana, Desa Srirahayu. 

Kabupaten Garut 

Di Kabupaten Garut, ada 7 kecamatan yang akan dilintasi jan tol, yaitu Kecamatan Kadungora, Leuwigoong, Leles, Banyuresmi, Karangpawitan, Garut Kota dan Cilawu. Ada dua gerbang tol yang disediakan pemerintah pusat di Garut. 

1. Kecamatan Kadungora 

Ada 5 Desa di Kecamatan Kadungora yang terkena pembebasan yaitu: Desa Mandalasari, Desa Karangmulya, Desa Karangtengah, Desa Hegarsari dan Desa Talagasari. 

2. Kecamatan Leles 

Desa yang telah ditetapkan akan termpak yakni: Desa Kandangmukti, Desa Leles, Desa Cangkuang, Desa Margaluyu dan Desa Sukarame 

3. Kecamatan Leuwigoong 

Yang terdampak adalah: Desa Margacinta 

4. Kecamatan Banyuresmi 

Ada beberapa desa yang terdampak yakni; Desa Sukakarya, Desa Sukalaksana, Desa Sukamukti, Desa Sukaratu, Desa Pamekarsari, Desa Sukasenang 

5. Kecamatan Karangpawitan 

Ada 8 wilayah yang akan terdampak, yakni Desa Mekarsari, Kelurahan Lengkongjaya, Desa Jatisari, Kelurahan Karangmulya, Desa Suci, Kelurahan Lebakjaya, Desa Tanjungsari, Desa Lebak Agung 

6. Kecamatan Garut Kota 

Di Garut Kota yang terdampak adalah;  Kelurahan Cimuncang (6 RW), Kelurahan Kota Kulon, Kelurahan Margawati dan Kelurahan Sukanegla. 

7. Kecamatan Cilawu 

Wilayah yang terdampak yaitu; Desa Ngamplangsari, Desa Ngamplang, Desa Pasanggrahan, Desa Cilawu, Desa Karyamekar, Desa Dayeuhmanggung, Desa Sukatani, Desa Sukamaju. 

Itulah beberapa daerah yang akan dilalui oleh jalan tol Bandung (Gede Bage) - Tasikmalaya Cilacap yang disebut Getaci. (age)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: