Jembatan Batuhiu-Cikembulan Digeber Tahun Ini

Jembatan Batuhiu-Cikembulan Digeber Tahun Ini

radartasik.com, PANGANDARAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran berencana melanjutkan pembangunan jembatan dari Pangandaran hingga Batukaras. Tahun ini, pembangunan Jembatan Cikembulan-Baatuhiu yang akan menjadi prioritas.


Bupati Pangandaran H Jeje Woradinata mengatakan jembatan penghubung Cikembulan-Batuhiu akan menelan anggaran Rp 49 miliar. “Sumbermya dari APBD Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya Rabu (19/1/2022).

Menurutnya, anggaran dari provinsi sebenarnya Rp 85 miliar. Namun anggaran itu sebagian untuk jembatan dan sebagian lagi untuk pembangunan kawasan Batuhiu. “Kalau untuk pembangunan kawasan Batuhiu sekitar Rp 50 miliar,” terangnya.

Ia mengatakan detail engineering design (DED) penataan Batuhiu sudah ada sejak lama. “Dan tahun ini mudah-mudahan bisa terealisasi,” harapnya.

Menurutnya, semua pembangunan itu untuk mendukung Kawasan Strategi Pariwisata Daerah (KSPD). “Jadi ekonomi masyarakat juga bisa terangkat dengan adanya pembangunan ini,” ungkapnya.

Ia menyebut sebagai jalur transportasi di wilayah selatan Kabupaten Pangandaran, jembatan yang melintasi Sungai Karangtirta itu akan mempermudah dan mempercepat mobilitas warga.

Pelaku usaha wisata di Batuhiu Nonah (50) berharap dibangunya jembatan dan juga penataan bisa mempengaruhi kunjungan ke Batuhiu. “Akan berpengaruh ke kami (pelaku usaha),” ucapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: