Makanan dan Minuman Ini Bisa Sebabkan Warna Gigi Jadi Kuning

Makanan dan Minuman Ini Bisa Sebabkan Warna Gigi Jadi Kuning

Radartasik.com, SEMUA orang ingin punya gigi putih bak warna mutiara. Lantaran, gigi putih akan membuat penampilan menjadi menarik dan menambah percaya diri.


Namun, banyak ornag memiliki kuning. Gigi berubah warna menjadi kuning bisa disebabkan beberapa hal. Misalnya, rokok, teh dan kopi.

Apa saja makanan dan minuman yang memicu perubahan warna gigi? Berikut penjelasannya seperti dikutip laman Timesofindia via jpnn.com.

1. Teh dan kopi
Ini adalah alasan paling umum mengapa kebanyakan orang menderita perubahan warna gigi.Teh dan kopi adalah minuman berkafein yang mengandung kromogen yang diketahui bisa menyebabkan noda pada gigi. Saat mengonsumsi secangkir teh dan kopi setiap hari, itu masuk ke ruang di antara gigi dan menodainya.
Untuk menjaga gigi selalu putih bisa mengganti teh hitam dengan teh hijau atau herbal karena tidak menodai gigi kamu. Jika seorang rajin minum kopi, pastikan kamu mengunyah permen karet pemutih bebas gula setelah minum kopi.

2. Anggur merah dan putih
Penyebab lainnya bisa jadi adalah segelas anggur merah atau putih biasa.
Anggur merah memiliki sifat asam dan kaya akan kromogen. Itulah sebabnya gigi Anda bisa ternoda. Anggur putih lebih asam daripada anggur merah dan juga akan menodai gigi Anda.

3. Rempah-rempah
Kunyit yang menambahkan rasa pada kari juga menambahkan warna kekuningan pada gigi.

4. Kacang
Kacang-kacangan seperti kenari hitam juga bisa menodai gigi.
Tidak banyak dari kita yang menyadari kacang secara tradisional digunakan untuk membuat tinta dan pewarna. Jadi Anda bisa membayangkan apa yang bisa mereka lakukan pada gigi kamu.

5. Saus dan cuka
Saus berwarna pekat seperti kedelai, BBQ, Worcestershire, tomat, dan cuka balsamic yang mungkin digunakan secara teratur bisa menjadi salah satu alasan utama perubahan warna gigi. Selain warnanya yang dalam, mereka juga sangat asam dan asin dan ini merusak lapisan pelindung email.

6.Permen dan es loli
Permen, permen karet, dan es loli adalah permen manis yang mengandung zat pewarna. Anda mungkin sering memperhatikan lidah berubah warna setelah makan makanan ini, juga memiliki efek yang sama pada gigi dan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan beberapa kerusakan serius. (lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: