900 Kilometer Jalan di Garut Rusak

900 Kilometer Jalan di Garut Rusak

radartasik.comTAROGONG KIDUL — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan memperbaiki jalan kabupaten yang rusak. Perbaikan akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) awal tahun ini.


“Saya apresiasi ibu kadis (PUPR) yang sudah tepat waktu dalam mulai pekerjaan di awal tahun,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Selasa (18/1/2022).

Rudy mengatakan, awal tahun ini ada sekitar 28 paket pekerjaan rekonstruksi ruas jalan kabupaten yang mengalami kerusakan. Saat ini paket pekerjaan ini dalam proses lelang.

“Yang jadi prioritas dalam perbaikan yakni Jalan Lingkar Leles-Kadungora. Karena ini jalan protokol yang banyak dilintasi kendaraan,” ujarnya.

Menurut dia, jalan kabupaten yang kondisinya rusak sekitar 900 kilometer di beberapa wilayah. Kerusakan jalan variatif, dari mulai rusak ringan, sedang dan berat.

Rudy menerangkan kerusakan jalan sebagian besar akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi selama beberapa bulan ini.

“Jadi hujan ini selain mengakibatkan bencana banjir, longsor dan pergerakan tanah juga mengakibatkan kerusakan jalan,” teA­rangA­nya.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas PeA­kerjaan Umum dan PeA­nataan Ruang (PUPR) Pemkab Garut Hari HarA­diman meA­ngaA­takan total jalan kabuA­paten saat ini terdapat 828 kilometer. Dari jumlah tersebut, 290 kilometer sudah diperbaiki tahun 2021. “Tahun ini sisanya mulai diperbaiki dan akan dilaksanakan awal tahun ini,” ujarnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: