Curah Hujan Tinggi, Belasan Rumah di Ciamis Ambruk

Curah Hujan Tinggi, Belasan Rumah di Ciamis Ambruk

radartasik.com, CIAMIS — Curah hujan tinggi disertai angin kencang kembali menerjang wilayah Kabupaten Ciamis. Kali ini terjadi di Kecamatan Rancah, akibat kejadian ini 11 rumah mengalami rusak bagian atapnya karena tertimpa pohon tumbang, Senin (17/1/2022) sekitar pukul 15.00.


Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Alamsyah mengatakan, Kecamatan Rancah sudah beberapa kali diterjang angin kencang, hingga banyak rumah yang rusak. “Senin sore dapat laporan lagi kejadian angin kencang disertai hujan lebat hingga banyak rumah yang rusak. Totalnya ada sekitar 11 rumah yang rusak tertimpa pohon,” paparnya.

Kata Alam, rumah yang rusak terkena pohon tumbang itu meliputi Dusun Sukamaju, Dusun Cileungsir, Dusun Pangrumasan, Desa Cileungsir Kecamatan Rancah. Kemudian terjadi juga di Dusun Sitularang Tonggoh Desa Situmandala. “Rumah tersebut bagian atapnya rusak karena tertimpa pohon,” paparnya.

Lanjut dia, upaya yang dilakukan bersama semua unsur langsung membantu evakuasi pohon yang menimpa rumah warga. “Dengan gotong royong melakukan evakuasi akhirnya cepat tertangani,” ujar dia, menjelaskan.

“Kami imbau masyarakat selalu berhati-hati. Kalau ada pohon pinggir rumah agar dijarang atau rantingnya dipangkas agar menghindari tiupan angin dan menyebabkan tumbang,” ujar dia, menambahkan.

Dudung, warga Kecamatan Rancah mengakui belakangan ini curah hujan disertai angin kencang sering terjadi. Bahkan menyebabkan beberapa rumah warga ambruk karena tertimpa pohon tumbang. “Warga selalu ketakutan ketika cuaca ekstrem dan selalu waspada tidak berani keluar rumah. Namun, pada saat kejadiaan pas keluar rumah banyak pohon tumbang,” ujar dia, menjelaskan. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: