Empat Pilar Kebangsaan Penting untuk Siswa

Empat Pilar Kebangsaan Penting untuk Siswa

RADARTASIK, TASIKMALAYA - Kekhawatiran dunia pendidikan tercemari paham radikalisme biasanya berimbas kepada aksi terorisme. Untuk itu, SMK Manangga Pratama Tasikmalaya berusaha untuk membentengi siswanya dengan diberikan pemahaman empat pilar kehidupan kebangsaan dan bernegara yakni Pancasila, Undang -Undang Dasar Republik Indonesia (UUD RI) Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhinneka Tunggal Ika. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala SMK Manangga Pratama Tasikmalaya Ja’far Solihin MPd saat kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Kebangsaan dan Bernegara bersama Anggota DPR-RI Hj Nurhayati  di sekolahnya, Jumat (27/5/2022). 

Kata Ja’far, di era globalisasi perlu siswa sekarang paham 4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara agar cara kehidupannya memiliki rasa nasionalisme dan toleransi. Untuk itu, pihaknya pun menyiapkan 120 siswanya untuk mengikuti sosialisasi  4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara di sekolahnya bersama anggota DPR-RI. 

”Upaya sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara ini untuk penguatan nasionalisme dan toleransi kepada siswa. Dengan begitu menjaga generasi muda dari paham-paham radikal,” katanya.

BACA JUGA: 3.000 Siswa PAUD Ikut Lomba Kreativitas di Mayasari Plaza

Dengan mereka paham 4 Pilar tersebut, sambung ia, da­pat kuat dalam membentengi kehidupan pada  era glo­balisasi yang membawa kebebasan informasi. Mulai dari media sosial yang banyak hoaks dan berkaitan de­ngan terorisme atau paham khilafah yang dapat merusak  NKRI, Pancasila, UUD RI Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika.

”Selain di sekolah memberikan ilmu  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ataupun Pendidikan Agama dan Budi pekerti. Perlu 4 Pilar sebagai satu bentuk benteng generasi penerus terus mencintai tanah air Indonesia,” ujarnya.

Artinya, 4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara ini sangat penting untuk siswa. Itu karena bisa menjadi pedoman bagi anak muda yang masih labil, mulai dari sisi agama kurang dan wawasan kebangsaan masih belajar. 

BACA JUGA: MA Serba Bakti Cetak Lulusan Terbaik, Siap Mengabdi di Tengah-Tengah Masyarakat

”Ketika hal-hal pemahaman baru berkaitan paham radikal seperti terorisme, khilafah, dan lainnya lebih mudah sasarannya pelajar. Adanya 4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara nanti dapat bisa masuk sebagai pencerahan  bahwa pentingnya nasionalisme dan toleransi sesama,” katanya.

Senada, Ketua OSIS SMK Manangga Pratama Shelvy Firdaus mengaku penting untuk memahami 4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara untuk generasi muda. Sebab, nantinya bisa menumbuhkan nasionalisme, toleransi, paham dan tertib hukum. ”Dengan kita diberikan pemahaman Pancasila, UUD RI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika lebih cerah dalam kehidupan kebangsaan dan bernegara. Karena bisa membawa pada taat atau tertib hukum sehingga lebih disiplin, memiliki nasionalisme, dan mau bertoleransi, dan berfikir luas,” ujarnya. Harapan tujuan negara yang dicita-citakan, yakni bersatu padu mengisi pembangunan agar bangsa Indonesia lebih maju. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: