Pemkab Garut Siapkan Ruang Isolasi Terpusat

Pemkab Garut Siapkan Ruang Isolasi Terpusat

TAROGONG KALER — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan menyiapkan ruang isolasi terpusat (isoter) di beberapa wilayah. Ruangan disiapkan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omricon.


“Kita bersama Dinas Kesehatan sudah siapkan tempat isolasi terpusat. Ada dua tempat yang kita siapkan,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Jumat (14/1/2022).

Menurut dia, isoter yang sudah disiapkan di wilayah tengah dan selanjutnya akan disiapkan di wilayah selatan dan dan Utara. “Kita siapkan isoter, jadi ketika ada penularan penanganannya sudah siap,” ujarnya.

Selain isoter, pihaknya juga sudah memberi imbauan kepada setiap rumah sakit yang menerima pasien BPJS Kesehatan untuk membuka penerimaan perawatan pasien Covid-19.

Rudy menerangkan, antisipasi perlu dilakukan mengingat penyebaran virus corona varian baru sudah mulai masuk wilayah Jawa Barat, sehingga perlu diantisipasi.

“Jadi yang mengalami gejala berat dan sedang masuk rumah sakit, kalau ringan dan tidak ada gejala kita masukan ke isoter, tidak ada isolasi mandiri untuk varian baru ini,” ujarnya.

Selain meA­nyiapA­kan fasilitas untuk penaA­nganan pasien Covid-19 , pihakA­nya juga meA­nyiapA­kan vaksin dosis ketiga atau booster untuk maA­syaA­rakat. “Vaksin booster ini kita akan launA­ching Senin besok,” ujarnya.

DeA­ngan vaksin booster, dihaA­rapkan kekeA­balan tubuh akan meA­ningA­kat dan bisa meA­nangkal penyeA­baran virus corona varian baru.

“Jika masyarakat ingin vaksin booster tinggal datang ke puskesmas. Syaratnya harus enam bulan setelah vaksin kedua,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: