Belum Ada Izin Pembukaan Piamari, Ini Alasannya

Belum Ada Izin Pembukaan Piamari, Ini Alasannya

radartasik.com, PANGANDARAN Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institut (Piamari) belum juga dibuka. Padahal masyarakat sudah lama menantikannya.


Koordinator Pelayanan Teknis Piamari Barmawanto mengatakan, belum ada kepastian kapan dibukanya Piamari. “Sampai hari ini beluma ada izin resmi pembukaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI,” ungkapnya kepada wartawan Jumat (14/1/2022).

Menurut dia, ada beberapa hal yang harus disempurnakan sebelum dibuka, salah satunya yaitu infrastruktur. “Ya sepertinya kelengkapan insfrastruktur,” jelasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Menteri KKP RI Sakti Wahyu Trenggono sempat mengunjungi Piamari. Menteri menilai perlu penataan dan peningkatan kualitas Piamari sebelum resmi dibuka.

Menurut Barmawanto, Piamari memiliki tiga ruangan besar yang berisikan berbagai biota laut. “Di bawah terdapat ruangan schooling aquarium (air laut), di atas ada museum, touchpool (air laut) tunnel quarium (air tawar) dan theater aquarium (air laut),” jelasnya.

Di dalamnya juga terdapat museum barang muatan tenggelam, keramik-keramik zaman dinasti abad 17 sampai 18. “Adapun botol-botol zaman dahulu dan barang yang tenggelam zaman dahulu,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari mengatakan, Piamari berpotensi untuk menarik banyak wisatawan. “Sudah banyak warga dan calon wisatawan menanyakan kapan dibukanya Piamari,” katanya.

Selain sebagai wahana baru pariwisata, Piamari menjadi pusat edukasi tentang kekayaan bahari dan biota laut, juga sebagai tempat riset kelautan. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: