Pedagang di Pasar Pananjung Bisa Pinjam Uang Tanpa Bunga, Ini Caranya..

Pedagang di Pasar Pananjung Bisa Pinjam Uang Tanpa Bunga, Ini Caranya..

radartasik.com, PANGANDARAN — Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Unit Pengelola Zakat (UPZ) Pasar Pananjung menyalurkan pinjaman kepada para pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Pananjung.


Ketua Asosiasi Pedagang Seluruh Indonesia (APSI) Pangandaran sekaligus penasehat BMT UPZ Pasar Pananjung Asep Dudu mengatakan, program yang diinisiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pangandaran tersebut sudah berjalan satu tahun.

“Jadi adanya pinjaman tanpa potongan, bunga dan biaya jasa ini untuk mengantisipasi adanya pedagang yang terjerat praktik lintah darat atau biasa disebut rentenir,” ucapnya Rabu (12/1/2022).

Dia mengatakan, pedagang bisa meminjam dalam kurun waktu 100 hari dengan pembayaran Rp 5.000 per harinya. “Mereka hanya diharuskan untuk berinfak dalam satu bulannya yang disalurkan melalui Baznas,” katanya.

Infak, kata dia, nantinya untuk masyarakat kurang mampu, seperti jompo, anak yatim dan piatu, yang sedang sakit dan lain-lain.

Kemudian bagi administrasi kantor dan kegiatan keagamaan, seperti khitanan massal dan sebagainya. Kemudian untuk membantu perputaran modal pinjaman bagi para pedagang.

Menurut Asep, saat ini, modal yang disalurkan sebesar Rp Rp 5 juta untuk 10 pedagang. “Satu orangnya bisa meminjam Rp 500 ribu. Ke depannya mudah-mudahan modal yang yang kita salurkan bisa meningkat,” jelasnya.

Ketua BMT Beben Kuswandani mengatakan setiap pedagang yang meminjam akan disurvei dahulu.

“Nanti dilihat kelayakan, lalu informasi dan lain-lain,” jelasnya. Beben mengatakan, saat ini sudah ada 86 orang yang sudah meminjam di BMT. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: