Pangkalan Ditarget Jadi Sentra Rempah

Pangkalan Ditarget Jadi Sentra Rempah

radartasik.com, PANGANDARAN — Tanah di Kecamatan Langkaplancar cocok ditanami jenis sayuran rempah dan tumbuhan akar, salah satunya adalah kencur. Hal tersebut seperti dikatakan seorang petani dari kelompok Situhiang Desa Pangkalan Taryana.


Taryana mengatakan tanah di Langkaplancar cocok ditanami rempah seperti kapulaga dan jahe. “Sebelumnya kita juga menanam jahe di atas lahan yang luasnya 2 hektare. Sekarang kita tanam jenis rempah rimpang seperti kencur,” ucapnya kepada wartawan Rabu (12/1/2022).

Penanaman kencur untuk memenuhi kebutuhan di Pangandaran. “Selain obat dan jamu, biasanya kencur ini juga digunakan untuk bumbu dapur,” jelasnya.

Ke depannya, kata dia, Desa Pangkalan bisa menjadi sentra tanaman rempah rimpang. “Seperti kencur, jahe dan lain-lain,” ungkapnya.

Ia yakin ke depannya produksi rempah rimpang bisa menjadi sebuah industri besar. “Kita berharap demikian, agar masyarakat dan petani sejahtera,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran Wawan Kustaman memuji potensi rempah di Desa Pangkalan. “Potensi ini bisa dimanfaatkan secara maksimal,” ungkapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: