Bencana Longsor dan Banjir Terjang Garut, Tiga Rumah Rusak

Bencana Longsor dan Banjir Terjang Garut, Tiga Rumah Rusak

radartasik.com, TAROGONG KIDUL — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mencatat, tiga rumah mengalami kerusakan akibat bencana longsor dan banjir yang terjadi Senin (10/1/2022). Ketiga rumah yang rusak berada di Kecamatan Samarang dan Garut Kota.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi menerangkan, dua rumah yang mengalami kerusakan berada di Kecamatan Samarang. Kedua rumah tersebut rusak akibat tertimpa pohon dan terkena material longsor.

“Untuk yang tertimpa pohon, bangunannya hanya rusak bagian atap dan sekarang sudah mulai diperbaiki dengan gotong-royong,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (11/1/2022).

Sementara rumah yang mengalami kerusakan berat akibat terkena material longsor berada di Kampung Cidarengdeng Desa Parakan Kecamatan Samarang. Kondisi bangunannya rusak parah, dindingnya jebol dan barang-barang di dalam rumah tertimbun lumpur.

“Rumah ini tidak tertimbun, tetapi material longsor berupa lumpur dan pohon terbawa air dan menimpa rumah ini yang kondisinya di bawah tebing,” ujarnya.

Selain merusak rumah, material longsor juga sempat menutup badan jalan. Akses jalan desa di wilayah tersebut sempat tertutup.

“Sekarang sudah bisa dilalui setelah petugas lapangan bersama masyarakat dan relawan membersihkannya,” ujarnya.

Selain mengakibatkan longsor, hujan deras pada Senin sore itu mengakibatkan banjir di jalan kabupaten di Kecamatan Samarang yang merupakan jalur alternatif penghubung Kabupaten Bandung.

Banjir ini akibat penyumbatan aliran air pada drainase, jadi ketika turun hujan deras, saluran air tidak menampung dan akhirnya terjadi banjir. Tetapi banjir ini tidak ada kerusakan bangunan hanya jalan saja,” terangnya.

Sementara untuk rumah yang rusak di Kelurahan SukaA­mentri Kecamatan Garut Kota akibat rumahnya sudah lapuk. Sehingga ketika ada hujan deras, atap rumah tersebut ambruk.

“Itu rumahnya sudah tua, jadi ketika hujan ambruk. Tetapi sekarang sudah ditangani dengan baik,” terangnya.

Anggota DPRD Kabupaten Garut Yudha Pudja Turnawan pihaknya langsung memantau rumah yang rusak. TerA­utama yang bangunannya rusak berat di Kampung Cidarengdeng Desa Parakan Kecamatan Samarang.

“Yang rumahnya rusak parah itu ada satu yang ditinggali dua kepala keluarga. Kita serahkan bantuan untuk meringankan beban korban bencana,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan, pihaknya juga akan mengupayakan bisa mendapatkan bantuan dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Garut.

“Sekarang warga yang terdampak bencana ini tinggal di rumah tetangganya karena rumahnya rusak parah,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: