Pemkab Pangandaran Klaim Angka Pengangguran Turun

Pemkab Pangandaran Klaim Angka Pengangguran Turun

radartasik.com, PANGANDARANBupati Pangandaran H Jeje Wiradinata menyebut angka pengangguran di Kabupaten Pangandaran mengalami penurunan signifikan. Kata dia, angka pengangguran saat ini berada di kisaran 3 persen dari sebelumnya 5 persen.


“Penurunannya cukup bagus pak,” terangnya kepada wartawan Selasa (11/1/2022). Menurut Jeje, angka pengangguran bisa terus ditekan jika mereka bisa disalurkan ke dunia usaha.

“Sekarang ini ada forum bursa kerja. Itu bisa dimaksimalkan untuk membantu mereka dalam mencari pekerjaan,” tambahnya.

Jeje mengatakan, selain menyalurkan (akses) ke dunia kerja atau usaha, para pengangguran bisa diberi pelatihan kerja. “Contohnya kalau mau diberi pelatihan bikin bordir, ya suruh belajar ke Kota Tasikmalaya,” ucapnya.

Setelah mendapat pelatihan, menurut Jeje, mereka bisa diberi akses untuk mendapat kredit usaha dari bank. “Untuk membuka usaha sendiri. Saya yakin jika pola itu dipakai, maka pengangguran bisa terus ditekan,” jelasnya.

Ia mengatakan Kabupaten Pangandaran merupakan wilayah potensial untuk memulai usaha baru. “Ya kita yakin angka pengangguran bisa sampai satu persen,” ucapnya.

Kasi Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran Suparman mengatakan selalu bekerjasama dengan Forum Bursa Kerja dalam menyalurkan para pencaker.

“Terutama lulusan SMK, biasanya forum itu mencari dan memberikan informasi soal lowongan kerja,” jelasnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: