Singkup Purbaratu Disapu Puting Beliung, Tiga Rumah Rusak Berat

Singkup Purbaratu Disapu Puting Beliung, Tiga Rumah Rusak Berat

Radartasik.com, KOTA TASIK - Bencana hujan deras disertai angin kencang masih terus terjadi di Kota Tasikmalaya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya telah berkali-kali mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan.  

Selasa (11/01/22) sore, Polsek Cibeureum mencatat 9 rumah mengalami kerusakan. 3 rumah di antaranya mengalami rusak berat dan berada di Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu. 

Salah satu rumah yang rusak berat bahkan atapnya hancur akibat terimpa pohon albasiah. Rumah tersebut berada di Kampung Babakan Nangerang, RT 02, RW 04, milik Roni.

Proses evakuasi bangkai pohon tersebut dilakukan petugas BPBD, Polsek Cibeureum dan Koramil Cibeureum yang sigap datang ke lokasi.

"Kejadian ini merupakan suatu bencana alam," ujar Kapolsek Cibeureum, Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Yusuf Setyanto kepada radartasik.com di lokasi kejadian.

"Tadi ada hujan angin saat hujan deras hingga pohon tumbang menimpa rumah warga di Kampung Babakan Nangerang Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu," sambungnya.


Bencana hujan deras disertai angin kencang masih terus terjadi di Kota Tasikmalaya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya telah berkali-kali mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan.Selasa (11/01/22) sore, Polsek Cibeureum mencatat 9 rumah mengalami kerusakan akibat disapu puting beliung.

Sementara itu amukan puting beliung tak hanya menyebabkan rumah Roni ambruk ditimpa pohon. Dua rumah tetangganya, gentingnya beterbangan disapu puting beliung.

"Anginnya muter (puting beliung) tadi saat hujan. Di sini ada 3 rumah. Ada 1 rumah hancur tertimpa pohon. Ada sekitar 30 menit puting beliungnya," tutur Wiwin, tetangga Roni.

Saat kejadian, jelas dia, para penghuni rumah yang diterpa puting beliung sempat melarikan diri ke lokasi yang lebih aman. "Untungnya anak-anak lagi sekolah. Alhamdulillah tak ada korban jiwa hanya kerugian materi saja pak," jelasnya.

Informasi yang dihimpun radartasik.com dari BPBD Kota Tasik, amukan puting beliung di Singkup juga menghantam rumah Abdul Martin di RT 05 RW 05.

Rumah-rumah di blok RW 05 khususnya RT 03, RT 04 dan 05 diamuk puting beliung. Petugas BPBD Kota Tasikmalaya dan petugas Polsek Cibeureum dan Koramil, masih berada di lokasi membantu rumah-rumah warga yang rusak, sambil melakukan pendataan. (rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: